MENGATASI STRESS dan Panik

panikPernahkah anda mengalami serangan panik seperti : rasa takut berlebihan, nafas menjadi cepat dan pendek, rasa bergoyang, kaki menjadi lemas bergetar, keluar keringat dingin, mual, perut merasa tidak enak, kesemutan yang mengiringi perasaan yang sebenarnya irasional. Anda mungkin mengalami serangan panik.

Serangan panik dapat menimbulkan pikiran negatif yang berlebih terhadap satu gejala tubuh , seperti : Orang yang merasa sakit dada langsung berpikiran mengalami serangan jantung, pada saat jari-jari merasa kesemutan berfikir akan mengalami serangan stroke, sakit kepala berfikir akan mengalami kehilangan kesadaran dsb.

Serangan panik dapat diumpamakan sebagai sebuah bola salju yang menggelinding dan makin lama โ€“makin besar. Pasien yang akan mengalami serangan panik biasanya mulai merasa ada perubahan sedikit dalam tubuhnya. Dari sini timbul pikiran psikologis yang negatif. Pasien mulai merasa cemas dan bernafas cepat. Hal ini mengakibatkan kadar CO2 darah meningkat dan pH darah menurun. Akibat dari semuanya itu akan makin menambah berat gejala bahkan menimbulkan gejala baru. Dari sini pasien merasa mengalami suatu serangan penyakit berat yang akut. Tidak semua pasien mengalami pernafasan yang cepat kadang โ€“kadang hanya kecemasan dan gejala fisik saja.

Berikut ini beberapa latihan yang dapat membantu anda untuk mengatasi serangan panik.

1.Hiduplah dengan teratur
Serangan panik dapat timbul setelah anda mengalami kelelahan yang berlebihan. Aturlah hidup anda. Tidurlah yang cukup. Buat jadwal mingguan sehingga anda dapat membagi waktu anda dengan benar. Hindarilah meminum kopi karena dapat mencetuskan terjadinya serangan panik.

2.Teknik Distraksi, pernafasan abdomen
Anda harus mengamati sendiri bila gejala serangan panik mulai timbul. Misalnya saja anda dapat membawa secarik kertas yang bertuliskan PERHATIAN ! ataupun yang diberi warna kning atau merah. Kemudian setelah anda mengetahui bahwa anda akan mengalami serangan panik anda dapat melakukan teknik distraksi, melakukan pernafasan perut, atau teknik relaksasi . Teknik distraksi sebenarnya merupakan teknik pengalihan pikiran yang dapat berupa : menonton film kartun, membaca novel, membaca kata-kata dengan huruf terbalik, mengunyah permen karet, melihat benda-benda sekitar, mendekatkan dua jari sedekat mungkin berulang-ulang.

Anda dapat juga melakukan pernafasan perut . Anda dapat melakukan pernafasan perut secara pelan dan dalam. Letakkan tangan kanan anda di atas dada dan tangan kiri anda di atas perut. Kemudian saat anda mengambil nafas perhatikan bahwa tangan kiri anda yang harus bergerak naik turun dan bukan tangan kanan.

3.Teknik Relaksasi
Dalam teknik ini anda dapat melakukan relaksasi seluruh badan anda. Sebagai contoh : kepalkan tangan anda dengan keras , anda akan melihat otot-otot tangan anda berkontraksi kemudian lepaskan kepalan tangan anda dan biarkan jari-jari melemas , anda akan melihat otot โ€“ otot anda berelaksasi. Lakukan pada semua otot di tubuh anda secara bertahap otot kaki anda, pundak ( naikkan pundak anda setinggi mungkin kemudian lemaskan ! ), perut, dada muka , dagu dst. Kemudian terakhir rilekskan pikiran anda dengan memikirkan alam yang indah yang pernah anda kunjungi, langit yang cerah, hembusan angin sejuk, deburan ombak yang mengalun. Bayangkan kesejukkan itu dalam diri anda..

Lakukanlah setiap saat teknik relaksasi ini meskipun tidak dalam keadaan akan serangan panik. Selamat mencoba !!

Sumber dari : Info SEHAT (dr. Yuda Turana, SpS)

221 Komentar

  1. Devie Geovanni

    terima kasih dok atas teknik2nya dalam mengatasi serangan panik. umur saya sekarang 27 tahun. saya juga, oleh dokter psikiater, dinyatakan mengidap penyakit serangan panik ini. saya baru tahu klo serangan yg saya rasakan adalah serangan panik pada bln juni tahun lalu. dan setelah saya berobat ke psikiater saya juga tahu bahwa sebenarnya gejala2 yg dijelaskan oleh psikiater sudah saya rasakan semenjak saya kelas 2 SMA.
    saya diberiukan terapi obat oleh psikiater selama 8 bulan tapi sekarang saya sudah berhenti terapi obat sejak bulan maret yg lalu.
    saya masih merasakan gejala serangan panik ini, tapi hanya gejala tidak sampai parah seperti panik waktu pertama kali. yang saya rasakan sekarang, bahwa saya selalu berpikiran untuk tetap bernapas. napas saya selalu saya pikirkan,saya harus berpikir untuk menarik napas lalu membuangnya, begitu seterusnya, tidak seperti dulu. hal ini yg selalu mengganggu saya.
    saya minta tolong sarannya dokter agar saya bisa terbebas dari pikiran untuk selalu mengontrol pernapasan saya. saya ingin sembuh total dari penyakit ini dok.

    terima kasih.

    • isna

      sepertinya saya akan mencoba untuk menonton film kartun aja, saya sangat stres karena hampir menabrak orang tua yang sedang menyebrang jalan

      • Yulian

        Konsentrasi juga memudar xD .. Rasa takut pada kematian jadi lebih besar karena serangan panik

  2. agung

    terima kasih artikelnya….menambah wacana saya terkait dengan apa yang sedang saya alami….panik. permaslahan yang saya alami adalah mudah panik ketika capai terutama ketika sedang melakukan aktivitas olah raga dada berdebar kencang muculah kepanikan….yang mengakibtkan sesak napas ,mual mual,dan telapak tangan dan kaki terasa dingin,dan melakukan gerakan yang tidak menggambarkan ketenangan. tolong bagaimana saya harus mengatasi ini supaya kehidupanku menjadi normal dalam melaksanakan rutiitas sehari…..

  3. Saktyo Budi Prakoso

    Saya bersyukur tidak sengaja bisa menemukan Blog ini. saya mulai kena serangakan panik sejak tahnu 2003 dengan gejala seperti tersenbut diats. karena capek sekali mengalami hal hal seperti ini. akhirnya tadi pagi saya memutuskan ke dr. psikiater.

    Pengalaman saya apabila kita atau kerabat dekat kena serangan panik sebaiknya memang menemui Psikiater saja Awalnya juga saya tidak mau berobat, akan tetapi ternyata kita diajarkan bagaimana melatih, mencegah dan menghadapi apabila serangan panik itu datang.

    Saya berharap disini bisa laling share… agar kita tidak merasa sendiri menghadapi beban serangan panik. tks dan wass

    • ilham

      Setuju. Kt perlu share. 085297741191. Ilham

  4. dhany

    saya juga telah dua tahun mengalami hal yang demikian, apakah ada yg dapat membantu saya. semua aktifitas saya terganggu, bahkan berkerja pun saya tidak dapat seperti biasanya.. berat badan saya sampai turun 8 kilogram..

    • tata

      saudaraku dhani…
      saya juga mengalami hal yang sama, keluhan tersebut biasanya berkurang jika kita curhat ke orang lain…. silahkan hub saya (tata) 081363234416. mudah2an kiat bisa saling berbagi mencari pemecahannya….

      • irus

        saudara tata,
        betul sekali jika selesai curhat persaan panik dn ganggun di badan berkurang,,

      • nia tuniyah

        sy jg ikut gabung ya…
        ini nmr sy 087828360480.
        sy sangat trsiksa dg keadaan ini

        • harry

          Alhamdulillah. Trnyata qt tdk sendirian tmen2.
          ayo qt curhat dan brbagi. 085337171071

          • Juntak

            Sama…saya jg.semangat teman

    • erik

      Sdr dhany, saya jg mengalami hal yang sama … dokter hanya bisa membantu 50 % baik dari terapi obat maupun konsul, intinya ada pada diri kita sendiri. Artinya hanya diri kiya sendirilah yang bisa menyembuhkan penyakit ini.

    • telah banyak orang yg sembuh total dengan mengikuti pelatihan meditasi di anand ashram, termasuk sy, meski problem sy berbeda. hanya mengikuti pelatihan 8 minggu semua dapat teratasi.

  5. iis f w

    Apakah panik bs sembuh total?sy sgt tersiksa dg keadaan ini.smpai2 mengganggu aktifitas sy dan kehidupan sy.sy menyadari betul penyebabnya dan pd wkt ap panik dtg menyerang.mohon jawabannya, pun demikian sekuat tenaga sy lakukan perlawanan dan upaya agar sy tdk panik.trimakasih

  6. dinda

    Sebelumnya saya tidak sadar kalau yg saya alami adalah serangan panik,,pertama saya terkena serangan panik bulan juli,namun bulan agustus hidup saya normal2 saja setelah itu di bulan september oktober dan hingga sekarang saya sering mengalami nya…saya fikir saya terkena serangan jantung/penyakit lainnya.
    Mohon bantuannya saya ingin bisa normal kembali dan tidak merasa takut/ cemas,,berdoa pun sudah saya lakukan…

    • Vander

      Berdoa terus jangan putus ada karna iblis pasti akan menjerumuskan ke pikiran negatif apabila kita terasa lemah ๐Ÿ™‚

    • Yudi

      Sy pernah sakit cemas dan panik tingkat tinggi. Sy sdh sembuh setetlah berobat ke psikiater 08174845759

  7. siwi

    saya tidak mengalami serangan panik tapi mas saya terkena,dan saya menyaksikan langsung ketika serangan itu datang,dada dan kepalanya sakit.sedih sekali ketika melihat hal tersebut karena dia selalu mengatakan “waktunya sudah dekat”. sebagai orang yang dekat dengan orang yang mengalami serangan panik apa yang harus saya lakukan ?

    • sdr Siwi bisa membimbing kakaknya untuk melakukan setiap saat teknik relaksasi ini meskipun kakaknya tidak dalam keadaan akan terserang panik. saya juga masih dg sabar latihan rutine cara ini.. sangat luar biasa hasilnya… , trims untuk artikel ini…
      Selamat mencoba !!

  8. membaca gejala panik, mungkin saya menjadi salah satu penderitanya, saya menderita panik, khususnya bila harus berada di keramaian, beridiri lama dalam sebuah acara, sedang berolah raga, sehingga semua kegiatan ini tidak berjalan secara maksimal, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? karena hal ini sangat mengganggu sekali…, terimakasih…

    • ilham

      Saudaraku ryanad kt sama, sedih rasnya. Kt semuanya harus berteman di facebook biar bs saling share. Facebook saya. Kasibu02@gmail.com

  9. bisa sembuh gak ya? soalnya saya selalu gak bisa berfikir, jantung berdetak cepat, mual dan merinding kalau gejala panik saya kambuh. apalagi waktu berolah raga.

  10. firman syahrudin

    Sy jg merasa terserang penyakit panik karena saya selalu berfikir utk benafas bagaimana saya mengatur nafas utk menarik dan mengeluarkan udara dr tubuh sy fikiran itu sgt menganggu sy sehingga sy takut utk olahraga karena takut tdk bisa mengatur nafas dgn baik tolong bantu saya bagaimana cara mengatasinya terima kasih

    • Vander

      Berpikir POSITIF berpikir bahwa anda sehat! Banyak berdoa Dan minta petunjuk pada Tuhan… Karna dekat dengan Tuhan kita Merasa nyaman….

  11. eva afriani

    saya sering mengalami serangan panik saat sy sendirian dirumah.kenapa yah ?apa yg mesti saya lakukan?

    • coba untuk serangan panik ada tips dan solusinya tuh, silahkan baca buku sehat dalam sekejap, karya Anand Krishna

  12. ros

    saya jg pernah dan masih mengalaminya hampir 5 th namun ada perubahan sedikit demi sedikit,Solusinya percaya pd diri sendiri meskipun memang tak semudah dengan apa yang terjadi pd kenyatannya,dan coba terbuka dengan keluarga dan teman dekat tentang yang sedang dialami ( serangan panik ),mendekatkan dri kepada Tuhan dan mungkin kita bisa share tentang masalah panik kita,silahkan @email ke: roslee_aja@yaho.com.
    mungkin kita bisa berbagi cerita dan mungkin bisa meringankan sedikit beban karena tdk banyak orang yang dapat mengerti dengan apa yang sedang kita rasakan ( serangan panik )

  13. Salam senyum dari saya
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan menambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

  14. wah.. tulisan anda sangat baik dan menambah pengetahuan dan informasi untuk saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang lainnya dan menambah wawasan. salam dari saya, terimakasih yah

  15. Septi.jayanti98@yahoo.com

    Saya sering mrasakan panik , takut kemana mana kringet dingin jantung brdtak cpt, q ingn sembuh in mengganggu aktfitas q , q td.a nyanyi jd g bsa , q krja jd tkt , q smw.a tkt smpe tkt klwr rmh ga tw pnybab.a ap .. Pdhl sya dlu org yg aktf

  16. ayu nadira

    Ass,,sy juga mengalami serangan panic,,,tanpa ada sebab sering Kali serangan panic itu datang Dan sangat menyiksa saya….sayang moon kepada siapapun yg bisa menolong sy,,Dan memberi solusi atas serangan panic yg saya derita…karna membuat sy sedih,

    • Muhammad Nurman Hakim

      Mudah kok caranya.. pikirkan saja “bahwa apa pun yang akan terjadi ke diri saya itu adalah jalan terbaik dari Allah, karna Allah lah yang maha tau apa yang terbaik buat saya”

      saya juga mengalami gejala panik 3 selama minggu setelah cek kolesterol saya menunjukan 271.. setelah 1 minggu sebenarnya Kolesterol saya sudah normal di angka 173 tapi panik tetap saja datang…. setelah itu saya curhatdengan seorang teman dan di beri kata2 seperti itu… semoga bermanfaat

    • robby a

      kamu ada no hp yng bs dihubungi…

  17. saya juga sudah 2bln mengalami serangan panik,tp cuma sebentar paling lama 1jam,solusinya saya membayangkan itu perbuatan setan yang mau menghambat kita ibadah,lalu saya selalu menyebut ALLAH didalam hati,lama lama perasaan panik itu hilang.

  18. Agiel

    Artikel yang bermanfaat, makasih dok, aku juga sering panik cemas, Alhamdulillah, sekarang rasa cemasku hilang,
    Tipsnya, jangan cepat marah, apa bila rasa panik datang, jangan melamun dengan detak jantung yang begitu cepat,, alihkan saja ke fikiran yang positif rilex, tarik nafas dan Tenang ,, Insya Alloh Sembuh,,
    Berdzikir minta kesembuhan kepada Alloh,, Hanya Alloh yang bisa Menyembuhkan, Amin…

  19. Nitha

    Dengan membaca artikel dan comment dari teman-teman membuat saya merasa bahwa saya tidak sendirian merasakan hal yang tidak nyaman ini, saya sangat tersiksa sekali, kadang-kadang takut terhadap semua aspek kehidupan, hal ini saya rasakan hampir 2 tahun yll, semenjak suami saya meninggal dunia. Awalnya saya g tau ini penyakit apa, sampai akhirnya saya berobat ke psikiater dan harus minum obat hampir 6 bulan. Memang semenjak itu, ada perubahan ke arah kesembuhan. Walaupun demikian rasa g nyaman dan sakit kepala masih sering kambuh, apalagi kalau saya lagi ada beban pikiran. Mudah2an dengan mempraktekkan therapy ini ada hasil yang bisa membantu saya. Kalau ingin sharing tentang penyakit ini bisa email ke saya: nitz_73@yahoo.co.id

  20. I think this is among the most important information for me. And i’m glad reading your article. But should remark on few general things, The web site style is wonderful, the articles is really nice : D. Good job, cheers

  21. Stress bisa disembuhkan dengan terapi hipnotis.

  22. alun

    Umur saya 42 tahun, saya mengalami serangan panik atau cemas sekitar 3 bulan yg lalu. Saat serangan terasa dada sesak, jantung berdetak kencang, nafas pendek seakan ajal akan menjemput. Hingga saya dilarikan ke rumah sakit. Setelah di observasi, foto paru2, ecg (jantung )24 jam, hingga scan otak (mri) semua normal. Tapi serangan panik (spisokomatic) selalu datang setiap saat hingga saat ini sata takut bepergian jauh seperti nai, bus,pesawat dll kecuali naik mobil pribadi itupun bila ada yg menemani. Harus kemana aku berobat???? Tks

    • ilham

      Kita sama. Dan bs berbagi. 085207741191

  23. estu wahyu

    saya mengalami hal seprti ini,jantung berdetak keras dan cepat,kaki dingin,kepala pusing,dan ajal terasa sudah di depan mata.saya merasa tersiksa sampai2 sekarang ini saya gak berani kemana ckp di rumah itu aja harus ada yg menemani…

    • Bimo

      Iya broo… gue jg kena serangan panik niih… buat grup fb aja, ato grup di WA atau bbm

      • Iman

        Setuju nih

      • ilham

        Setuju. Ni facebook saya.
        Kasibu02@gmail.com
        085207741191

        • nasib kita sama. Saya takut naik lift, mobil dan kereta. sgt sdih rsanya hrus sperti ini. WA saya 081803979233.. ikut shering

  24. asta

    ternyata aku gak sndrian ngalamin hal ini.. makisih buat yg mosting tulisan ini. kalo bsa buat grup juga di fb biar kta bisa sering.

  25. Elvira ariyani

    Saya ngalami serangan panik sjak juni 2013 rasanya spti mau mati lalu saya cari di internet ternyta saya mngalami srangan panik hari2 setelah itu sangat tersiksa apalagi sore hari kpala saya pusing bingung spti berputar2 n jiwa saya spti mengambangkrna harus melawan rasa gak nyaman ktika serangan ini datang seakan2 hidup saya spti sudah mau berakhir.apa yg harus saya lakukan saya putus asa sekali saya ingin sembuh spti dulu lagi krna saya punya anak yg msih balita ya allah tolong saya..

    • Rezaakbarsanjani@gmail.com

      Buat sodari elvira
      Saya baru mengalami serangan panik spt ini sekitar 3 bln lalu, dan memang saya hampir selalu berpikir bhw sy akan mati, krn memang sgt menyiksa batin maupun jasmani , sy sarankan segera mandi, ambil wudhu dan sholat, insya allah bermanfaat
      Saya sudah mencoba dgn cara spt itu alhamdulillah mengurangi gejalanya

    • nia tuniyah

      ayu mba qt share sy jg punya ank balita.
      mang sangt menyiksa perasaan ini.hub no ni y mba 087828360480

      • sarah

        ternyata ga saya doang,
        081316417270
        nomer aku ka

  26. Saya sepertinya sudah mengalami ini sejak kelas 4 SD. Ini biasanya terjadi saat mendengar kabar duka cita ataupun cerita mistis, saya merasa jantung berdetak kencang, keringat dingin, ditambah lagi dgn pikiran negatif saya ttg gejala ini yang saya pikir saya mengalami gangguan jantung/pernafasan. Setiap hal ini terjadi saya hanya mengharap sugesti dari orang terpercaya misalnya dokter yang berkata kesehatan saya baik-baik saja, paru-paru normal, dll. sesak nafas saya jadi hilang.
    Pertanyaan saya, kalau sedang terkena serangan panik, apakah ada reaksi positif jika kita mendengarkan musik ya?

  27. Fatima

    Tksi dr.Yuda ats tips tuk serangan panik/panik disoder/psikosomatic kt dokter yg priksa sy.. Tksi ats sharing tmn2, s’t ni sy br ‘kambuh’ pdhl uda 8bln smbuh,sy mngalami serangan panik uda 9 th,bhkn ktka kls 4 SD jg mngalamix.. Sprti tmn2 yg laen,rsax seolah2 sprti ajal uda mw djmput,, hingga hrs msk ICU n sgala pmeriksaan, blm lg terapi scra tradisional n ruqiyah tujuanx tuk mnghilangkn gjala2x sprti ksemutan,kram,dan pusing..kmn2 tkt,aplgi naik pesawat.tp berkat bc artikel ni pelan tp pasti kini bdn sy normal lg,pdhl td seharian bdn lunglai n bibir sprti tak sanggup bicara,tksi ,tksi

  28. bagus artikelnya, mw saya coba,…
    makasih banyak….^^

  29. Assalamualaikum..terima kasih buat dr yuda….saya dr Malaysia…saya mohon pada semua agar dapat bantu saya…saya sekarang ini sedang berdepan dengan serangan panik…saya sudahpun buat pemeriksaan doktor..semuanya normal….tiada masalah jantung dan juga masalah lain yang saya bayangkan ini…..apa harus saya lakukan…tolong saya…terima kasih.

  30. izzy fahrezi

    saya sudah hampir setahun mengalami hal ini, memang sy akui ini berawal dari kejadian putusnya hubungan saya dgn tunangan sy dulu dan langsung dilanjutkan dengan kejadian meninggalnya saudara saya, jika ada teman2 yg ingin berbagi masalah ini bisa menghubungi sy lewat fb ataupun tlp di 085354304766 semoga bs saling membantu, terima kasih

  31. Nooraimi Zakaria

    ya saudara izzy ….masalah begini lah yang saya hadapi sekarang…tapi semenjak saya baca di ruang blog ini(tentang serangan panik) Alhamdulillah saya rasa masalah saya makin kurang sikit..namun begitu saya masih menharapkan pandangan dan nasihat serta apa saja tip atau panduan yang boleh saya buat untuk menghilangkan masalah ini…

  32. Fitriea

    Ass.trnyta bkn hnya saya,tmn” jg mengalami.sya mengalami serangan panik sudh 6bln, semenjak melahirkan.udah terrasa.seakan jantung berdebar”,nafas sesak.perut mual,kaki,tangan terasa kringat dingin.ketakutan,tiap hari pgn’y d’tmnin,serasa ajal d’dpn mta,kdang suka bingung gk jls. Sya udh dpriksa kmna”,bhkan d’rukiah.. Dlu jg pernh br’obt k’doktr saraf,mlh gk tuntas.sya pkir udh smbuh,mkin lma smkin mnjdi menggnggu pkiran.. Gmn dok,mnt solusi’y?
    Saya pgn sembuh,normal kya dlu.. Kasihan sama anak&suami,,

  33. Nooraimi

    sama-sama kita berdoa…..dan bersabarlah….ini adalah ujian utk kita semua…

  34. mey

    saya suka panik kalau mau mengendarai mobil sendiri,padahal saya sudah kursus setir mobil,tp begitu mulai menyetir sendiri rasa kurang percaya diri datang berlebihan sampai keringat bercucuran dan telapak tangan basah..apa yg harus saya lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini yah..thx infonya

  35. iyan oktavia

    Alhamdulillah kita tidak sendiri ada teman2 kita juga merasakan hal yang sama seperti kita,panik berlebih,merasa takut,sampai berhalusinasi kearah yg tidak jelas pada sebab akibatnya sampai-samapi kearah kematian…hal penting harus kita sadari adalah kita harus menerima penyakit ini dengan ikhlas dan sabar semua adalah cobaan tuhan,,,qadha dan qhadar sudah diatur ALLAH semenjak sebelum kita dilahirkan kedunia ini..jadi berfikir yg positif saja…

  36. wahh setelah saya baca artikel ini ternyata semua sama keluhannya seperti saya,,awalnya saya tidak tau kalau penyakit yang saya derita ini psikomatik, gejawa awal sama dengan teman2 jantung berdebar,nafas sesak,lemas dan dada terasa sakit. saya pikir saya erkena serangan jantung,,saya langsung ke RS tp setelah di cek EKG dsb jantung saya normal, saya sudah di EKG sampai 5 kali beda dokter,,karna setiap saya kambuh saya di larikan ke RS..padahal dokter sudah bilang kalau tidak ada penyakit serius di dalam tubuh saya,,itu terjadi 6 bulan yang lalu. teteapi Alhamdulillah penyakit ini berangsur pulih walaupun kadang2 perasaan cemas itu datang,,tetapi tidak seperti separah dulu,, Solusinya kita serahkan semua sama ALLAH SWT dan selalu berpikiran positif,,kalau ada masalah jangan di pendam, dan ketika serangan panik melanda sebaiknya teman2 mengalihkan pikiran buruk dengan mengobrol dengan keluarga atau menonton tv yg lucu,,dan relax,,semoga kita semua bisa sembuh dengan penyakit ini,,

  37. iyan oktavia

    Rasa cemas berlebihan bisa disembuhkan dengan cara berfikir posotif dan relaxsasi..namun tdk 100% dapat dihilingkan karna memory ingatan manusia dirancang oleh ALLAH SWT sedemikian canggihnya sehingga setiap kejadian yg dialami akan di catat seumur hidup dan akan hilang ingatan itu ketika kita meninggal dunia atau terkena penyakit amnsesia…jd kita jalani saja dengan ikhlas dan sabar penyakit yg kita derita insya ALLAH penyakit itu berkurang dengan sendirinya….bersihkan hati kita…atur istirahat dengan teratur…selalu berfikir positif dan jika panik atau cemas mulai muncul alihkan pikiran kita ke hal-hal yg menyenankgan,melihat pemandangan yg indah dll…serta anggaplah rasa cemas itu sebagai teman yg selalu menemai dan tdk perlu ditakuti…dan satu hal lagi cobalah belajar lebih dalam ilmu IKHLAS apapun yg akan terjadi pd diri kita itu sudah diatur didalam qadha & qadhar…wassalam semoga membantu kita semua

  38. iyan oktavia

    Jika kita kilas balik lagi sebenarnya telah lama kita menjumpai rasa panik pada diri kita akan tetapi tidak kita sadari dan hanya kita sadari pada saat terjadi peristiwa ada peristiwa besar yg terjadi yg menyebabkan rasa cemas itu menjadi sebuah penyakit yg kita takuti…sebagai contoh dahulu pada saat ujian sekolah kita juga cemas namun kecemasan itu tidak berlebihan sehingga menjadi sebuah ketakutan…akan tetapi saat ini sedikit saja hal yg mebuat kt takut maka secara spontan di otak kita menjadi cemas yg sangat berlebihan bahkan berfikir kearah yg negatif….jd teman2 mari kita gunakan lagi akal sehat kita setiap kali rasa panik itu datang….percayakan saja semua penyakit dan musibah datangnya dari ALLAH dan hanya ALLAH yg bisa menyembuhkan…tidak ada penyakit yg tak ada obatnya…..semoga kita bisa aling sharring sy sendiri mengidap penyakit cemas dan alhamdulillah semakin hari semakin berkurang…

  39. andri

    jawaban untuk mengatasi serangan panik adalah menyerahkan seluruh hidupkan hanya kepada Tuhan, kalau kita sudah berserah sepenuhnya kepada Tuhan, maka tidak ada lagi yang perlu kita takuti. semoga dengan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa akan membuat hati kita sekalian diberi kekuatan untuk menangkal segala jenis kecemasan dan kepanikan.

  40. ricki ricardo

    Sudah 8 bulan saya mengalami serangan panik ini awalnya seperti ajal mau menjemput saya, perasaan seperti mau strooke serangan jantung dll, masuk UGD tapi ternyata anaalisa dokter hanya asam lambung saja hasil EKG normal semua…. semenjak hari tersebut beban hidup saya semakin bertambah kehilangan pekerjaan, masalah ekonomi, biaya hidup yang tinggi, biaya anak-anak sekolah dll buat tingkat stress semakin tinggi, dan dalam 8 bulan saya mengalami serangan panic sebanyak 5 kali masuk UGD RS… sampai saat ini saya masih berjuang melawan panic attack dan stress ini yang awalnya saya anggap sepele ternyata merupakan musuh yang sangat berbahaya bagi tubuh kita karena semua ini bisa bertransformasi menjadi penyakit fisik yang nyata dan itu yang saya alami badan lemas sepanjang hari, pusing kepala sakit persendian dll… terima kasih dengan adanya blog ini sangat meringankan dengan teknik relaksasinya sangat membantu

    • robby a

      keluhan panic attack smuanya sama,saat smp saya tinggal kelas krn panic,btuh waktu untuk mengikuti kelas kembli,,penyakit ini tdk bs dilawan,,kita bisa sembuh kalo ada orang yang sangat sayang ma kita.

    • labi sami

      pak ricki yg terhormat apa yang bpk alami seperti juga yang saya alami saat ini, awalnya thn 2012 waktu itu saya lagi mengalami kesulitan ekonomi dan saya berpikir berat sekali rasanya keluar dari kesulitan itu hingga suatu hari saya mengalami kejang otot, dada sesak seperti serangan jantung dan stroke, keringat dingin, badan lemas semuanya dan kepala pusing, dan sempat saya dilarikan ke UGD rmh sakit lalu dirawat 1 minggu utk observasi penyakit saya..awalnya analisa dokter jantung mengarah ke jantung koroner tp setelah dicek EKG, minum obat jantung sampai ke Cathlab hasilnya normal semua, lalu ke penyakit dalam katanya maag, lalu ke dokter paru katanya normal boleh dikatakan semua tubuh saya udah dicek dari ujung kaki sampai kepala diCT-scan semuanya normal, kemudian saya berobat ke alternatif hasilnya juga nihil karena ga ditemukan sakit saya apa lalu saya berpikir utk relaksasi dan berserah diri kepada allah swt dengan cara sholat tahajjud 40 malam nonstop minta petunjuk dan hasilnya alhamdulillah banyak sekali perubahan, kuncinya utk hindari penyakit panik dan cemas banyak sholat berzikir dan berdoa lalu mengobrolah dengan teman dekat yg bisa diajak sharing insya allah perlahan akan sembuh.

    • okky dom

      Smoga blog ini bermanfaat bagi kita
      Aminnn

  41. yunna

    trims artikel dan share teman2 sngt mengobati kepanikan saya..

  42. accank

    terxta bnxk jg yg mngalami pnyakit seperti ini alwlx sya kira sya snndri yg mengalami pnyakit panic, untuk itu kita serahkan sama Allah SWT insya Allah penyakit ini akan sembuh. amin

  43. assalamualaikum . Hai saya dari malaysia . alhamdulillah rupanya bukan saya seorang yg mengalami penyakit panik nie . saya pada mulanya tidak tau yg saya mengalami penyakit panik cuma yg sy fikirkan spt tanda2 kematian . saya seringkali menangis kerana terkeliru apa yg sedang sy alami sebenarnya . saya jugak seperti kalian . Merasa jantung berdetak laju rasa kaki dan tangan dingin kepala rasa pening rasa lemah je kekadang rasa mual terasa spt ajal sampai . siyesly saya sangat tersiksa dgn situasi ini . ia mengganggu kerja dan kehidupan saya . Saya alami penyakit panik nie baru nak masuk 2 bulan . tp alhamdulillah sbb skg saya tau bukan saya sorang je yg alami ada org lain spt sy alhamdulillah . thanks utk artikel nie ye doktor ๐Ÿ™‚ ia sangat berguna .

  44. arif w

    sy baru aja ngalamin kambuh gangguan panik.. gara2 anter kaka mw beli hp d mall.. setahun lebih nanggung ni pnyakit.. ampe khilangan pkerjaan.. plg ga bisa tahan klo ada d keramaian apalagi d tmpat asing n ga nyaman mnurut sy.. lgsg jantung berdebar, kringet dingin, perut kembung mw nya sendawa mulu, nafas sesak, kliyengan, kbingungan n mw nya buru2 kabur nyari tmpat yg nyaman n aman mnurut sy.. pgn bgt bisa smbuh.. pgn bgt nyoba hipno terapi tpi ky nya mahal ya biaya nya..

  45. Rio

    Artikel ini sangat amat membantu saya, sepertinya kita semua disini sedang diuji kesabrannya oleh allah swt, semoga kita semua segera diberikan kesembuhan oleh allah swt dan normal seperti biasa ny amin….amin… (jika ad info penyembuhan dengan segera bisa kirim informasinya di emial sya : rioyunandar@yahoo.com

  46. Yuni

    Salam kenal semua. Ternyata saya nggak sendiri. Kurang lebih 10 th ini saya masih mengalaminya. Cuma frekuensinya sudah jarang, dan kalo mau muncul sudah bisa saya kendalikan. Cuma perasaan nggak nyaman hampir setiap hari datang. Saya ikut yoga dan masih berobat ke dokter 1 bulan sekali. Kalo perasaan panik mau muncul saya berusaha ikhlas sampai perasaan di hati agak nyaman. Atau saya tarik nafas dengan menekan bagian perut, ambil nafas keluarkan sampai terasa nyaman. Insya Allah masih bisa beraktivitas walaupun kadang agak terganggu. Yang penting berpikir positif dan dialihkan ke hal2 yang bisa bikin tertawa, walaupun kalo kambuh rasanya nggak pengin ngapa2in kan. Dilawan terus, Insya Allah sehat2 aja. Kalo mau sharing bisa hubungi saya di yuni.ristanti@bankjateng.co.id

  47. Assalamu’alaikum wrwb… Salam Kenal temen-temen semua… Tulisan ini sy buat saat serangan panic itu muncul.. Googling googling ketemulah dgn blog yg luar biasa ini… Sudah 2 thn lbih lamanya sy dilanda serangan panik, kecemasan brlebihan , Dan perasaan takut skali Akan kematian… Sungguh sgt tidak nyaman!!! Ign skali rasanya sembuh dr smua pnyakit ini… bagi temen2 yg mau sharing…yuuk kita sharing melalui kolom komentar di blog ini. Kita bikin komunitas pengidap serangan panic yuukk.. InsyaAllah dgn berbagi, kt Akan mrasa lbh ringan krn trnyata kt tdk sndiri… Semangat dan Salam sehat jiwa utk temen2 semua yaaahh ๐Ÿ˜‰

    • angku tanjung

      Asslkm Admin,
      Mohon maaf ada kesalahan teknis dalam komentar yang ditulis istri saya diatas. Saya mohon komentar diatas dihapus, terutana no HP, mengingat lebih banyak mudharatnya daripada manfaat yang saya rasakan sebagai suaminya. Saya khawatir lama-lama menjadi fitnah dan tidak baik u/ kerukunan rumah tangga.

      Bagi yang mau berbagi hendaknya dilakukan sesama jenis, laki-laki dgn laki-laki atau perempuan dengan perempuan.
      Semoga dapat dimaklumi.
      Wasslam.

    • Iya mbak…bikin grup aja…sayร  juga udh sejak SMP ngerasainnya, pengen bisa sharing sama temen2 yg seperti ini, jadi takut tidur, tkut merencanakan masa depan ๐Ÿ˜ฅ takut

  48. Budi

    Sy jg mgalami panik ad bbrp tips yg prnh sy coba:
    1. Tahajud
    2. Dzikir
    3. Hindari melamun
    4. Puasa
    5. Nontn tv acr tausiyah sesering mungkin
    6. Makan teratur
    7. Curhat ke teman
    Alhmdllh dlm seminggu jadi ringan paniknya,dmikian smg brmanfaat

    • agung

      ak setuju tp jangan lupa Taubat nasuha dl mungkin kita dah banyak dosa jd ditegur ….hbs tu berusaha istiqomqh dlm beribadah mintalah pd allah agar diberi kekuatan…banyak beristighfar lawan perasaan 2 buruk dan brsaha berpikir positif…rasa panik tdk bisa hilang cm kita yng haru mengontrol..jadikan ini sebagai anugrah..!!

  49. depres_girl

    CATATAN SEORANG PENDERITA KOMPLIKASI ANXIETY, DEPRESI, MOOD DEPRESSION

    Dulu Aku adalah seseorang yang menikmati hidup,pergi keliling indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri. Hobbiku adalah nongkrong di caffee, Main ke Mall, dan kumpul bersama teman, Seseorang yang periang dan punya banyak teman. Aku adalah sosok pemberani, tidak masalah buatku pergi kemana pun, bahkan sampai olah raga naik gunung sekalipun. Untuk urusan bicara di depan umum, aku adalah pakarnya, dibangku kuliah dulu, nilai presentasiku selalu cemerlang.

    Sampai suatu hari takdir membawaku ke satu jalan hidup yang sangat bertolak belakang dengan hidupku yang dulu, aku menjadi begitu ketakutan, jangankan untuk pergi keluar sendiri, didalam rumah pun aku perlu ditemani. Rumah dan keluarga adalah zona nyaman bagiku, walau terkadang keluarga tidak memahami kondisiku.

    Temans,Kalian semua harus bersyukur, masih terbilang ringan, aku punya penyakit komplikasi, yaitu anxiety, depresi, mood depression, mantap kan hehe. Ini bulan kelima, Temans, aku berkawan dengan penyakit komplikasi itu. Penyakit kejiwaan ini adalah penyakit termahal sepanjang aku hidup 26 tahun, sebab yang harus dikeluarkan tidak hanya uang tapi juga seluruh jiwa kita pun harus ikut totally mau sembuh. Aku berobat udah khatam dari A sampe Z, semuanya udah aku coba. Aku ngerti banget apa yang kalian rasakan…detik demi detik melewati hidup tidaklah mudah, pikiran bunuh diri? Eits jangan ditanya… Sering banget muncul, sangking seringnya tuh rasa pengen bunuh diri, udah mirip iklan di tv , sangking frustasinya ngadepin ketakutan ini. Dilema banget deh pokoknya, hidup lelah tapi buat mati bunuh diri pun gak mungkin. Sampai akhirnya dalam diri pun mengakui bahwa aku butuh bantuan, aku ga bisa ngadepin ini semua sendiri, meminta bantuan ahli, bukanlah tandanya kalah, justru pertandasembuh. Akhirnya aku pun memutuskan untuk mendatangi psikiater, dalam memilih psikiater akupun cukup selektif.

    Berobat ke psikiater ternyata gak bisa instant efeknya seperti kita berobat sakit panas atau pusing. Butuh waktu minimal 2 minggu untuk obat yang dikasih psikiater ini bekerja. Beruntunglah aku memilih psikiater yang sangat bijak, yang tidak selalu “obat oriented” sebagai solusi kesembuhan, setelah 2 bulan aku berobat ke psikiater dan rajin minum obat, keluhanku pun mulai berkurang, psikiater menurunkan dosisnya dan menghentikan pengobatan dengan oral, kemudian dia merujukku ke psikolog untuk terapi lanjutan, sekarang aku lagi dalam sesi terapi, dan sudah sangat jauh lebih baik, yang awalnya takut keluar rumah, pengen berenti kerja, takut gagal, takut ga kuat, ga punya harapan hidup lagi, merasa diri ga bisa ditolong, dan segambreng keluhan lainnya. Berangsur-angsur membaik, 70% sudah bisa dalam kendaliku, berani keluar rumah dan melanjutkan pekerjaan. Dengan Psikolog, setiap minggunya aku diberi PR dalam mengontrol perasaan yang gak nyaman ini. Semua perasaan yang tidak nyaman ini, hanya perlu diterima, jangan dilawan, Sebab kita tidak akan pernah menang melawan diri kita sendiri. Bagi teman-teman yang merasa sudah begitu kewalahan dengan anxiety atau apapun jenis perasaan yang tidak nyaman itu, jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahli nya. Stop membuang-buang waktu dengan perasaan yang mirip roller coaster ini, masih banyak hal-hal penting yang harus kalian lakukan. Memang aku pun mengerti, biaya psikiater dan psikolog tidaklah murah, berasa banget waktu pas ngeluarin uangnya. Tapi aku berusaha iklas.Inilah ujian.

    Satu hal temans, yakinlah kl penyakit ini bisa disembuhkan..jangan pernah ada satupun diantara kita yang kalah dan memutuskan untuk bunuh diri,ingat..kamu ga sendiri…ada aku dan jutaan orang diluar sana yang menderita anxiety akut.

    Salam seperjuangan,

    Depres girl

    • eni

      punya rekomendasi nama psikiater nya tidak

      • wahyuni amelia

        Coba ke dr.Endah Ronawulan di RSPP mba.. bliau yg nanganin Rasyid Rajasa pas dl nabrak org di tol.. Sy jg brobat sm bliau…

    • elli

      Ada no pin bb km ga??bolehkah kita berteman??biar bisa sharing ma km
      ,heheh

    • Trimaksih atas sarannya sangat membantu skali..

    • ilham

      Saya pun sama, kita bs saling share. Kita perlu temen yg sama penyakitnya biar kita bs semangat. 085207741191. Ilham.
      Facebook kasibu02@gmail.com

  50. hendar

    terima kasih ..
    sangat bermanfaat, saya mengalami hal yang seperti di ceritakan di sini ..
    mungkin saya harus ke psikiater atau perlu hipnotherapy juga kah mungkin yaa ??

  51. Arif Noviyanto

    artikel ini sangat bermanfaat sekali bagi saya semoga saya lekas sembuh

  52. wulan

    Terimakasih untuk tipsnya,krn sya termasuk orang yg sering kena serangan panik hingga menimbulkan sesak nafas

  53. evelin

    depres_girl, tetap kuat, berobat dan semangaaaaat terus yaaa…. God bless, saya mendoakan kamu walaupun tak kenal. Hobby dan kepribadian kita samaaaa banget, travelling, optimis dan tak takut apapun, dan sekarang, sdh 3 minggu ini, krn asam lambung, saya terkena panic disorder juga : (

  54. rio

    saya juga mengalami penyakit ini sudah 1 tahun,tapi saya pikir lebih baik mendekati diri kepada yang maha kuasa…munkin Allah SWT memberikan penyakit ini sebagai tanda medekati diri.obat yang paling mujarab adalah berdoa dan memohon utk penyembuhannya

  55. Jo

    Halo teman-teman, Saya Jo (26 thn), saya juga mengalami hal yang sama seperti teman-teman, sebelumnya saya juga orang yang aktif. Ini awalnya terjadi saat saya bermain futsal, selsai futsal saya duduk dikursi dan menekankan kedua telapak tangan ke kursi sebagai senderan, tiba2 kedua tangan saya kebas (mau kesemutan) dan disaat itu saya ingat orang tua teman saya meninggal karena jantung dan dia mengatakan sebelum meninggal badan kebas semua, dan saya tiba2 mengingat ajimasaid, dan teman2 pun mungkin sudah tau apa yang terjadi berkutnya. Saya panik yang menimbulkan susah nafas, semua terasa mau keram, dan saya dilarikan ke UGD, setelah itu hasil lab menyatakan saya Normal, malah agak kelebihan oksigen karena bantuan oksigen yang diberikan, dan sekarang hampir sebulan saya merasakan kecemasan yang seakan2 tidak ada ujungnya dan membuat stress. Sampai hari ini saya menjadi takut untuk beraktifitas, apalagi yang namnya olahraga. Baru tadi malam saya mengalami panik secara tiba2 selesai pulang dari luar untuk makan, dan hari ini hari senin saya jadi tidak masuk kerja karena ketakutan. Teman2, saya yakin sepenuhnya penyakit ni bisa HILANG 100%, walaupun memori kita akan mengingat kejadian ini seumur hidup tetapi itu hanya sekedar memori yang menjadi pengalaman kita, bukan berarti hal yang memicu panik datang kembali. Saya sadari kenapa tiba2 muncul panik karena saya tidak punya keyakinan yang kuat akan kesehatan saya dan apa yang sudah direncanakan Tuhan. Ayo teman2 kita sama2 berjuang untuk mengalahkan sakit ini, mengalahkan tidak harus dengan melawan balik/membalas, tapi menjadi kuat dan tegar bisa melawan penyakit ini, lama-lama penyakit inipun akan bosan menghantui kita karena kita lebih kuat dari dia, kita kuat karena keyakinan kita akan diri kita dan Tuhan. Berikut adalah hal yang akan saya lakukan (dan semoga hal ini benar),
    – bersyukur untuk hidup yang kita miliki (masih bnyak yang cobaannya lebih berat dari kita)
    – menegapkan badan dan yakin dengan kesehatan kita, ada yang bilang apa yang kita lakukan maka alam bawah sadar kita akan mengikuti. Karena ini adalah permasalahan alam bawah sadar maka kita harus melatih alam bawah sadar kita untuk POSITIF.
    – berfikir positif tentunya, kalau ada gejala ataupun hal yang menambah pikiran harus dianggap sebagai motivasi bukan beban.
    – kalaupun ada sakit yang muncul diluar kecemasan ini jangan panik, karena kita manusia sudah PASTI mengalami SAKIT dan itu normal, jangan jadikan ini alasan untuk panik.
    – mulai berolahraga pelan-pelan hingga seprti semula, kalau jantung sudah mulai berdebar dan panik, tenangkan pikiran dan harus berfiir positip (karena wajar olah raga jadi ngosngosan)
    – beraktifitas seperti biasa, mungkin ini akan menimbulkan kepanikan misalnya pada saat naik kendaraan umum, di tempat ramai, di bioskop (pengalaman pribadi), atau dimanapun, satu hal tenang saja dan harus sugesti diri kalau kita itu SEHAT.
    – Makan teratur biar asam lambung kita gak berlebihan.
    – Liburan dengan keluarga/teman (jangan takut akan terjadi sesuatu saat melakukan liburan karena itu akan memicu alam bawah sadar kita jadi merasa akan terjadi apa2, BERFIKIR seperti dahulu, karena jalan2 itu MENYENANGKAN, karena itulah yang SEBENARNYA.
    – masih banyak lagi, hehhehe.. bingung ngejabarinnya. Intinya HARUS BERANI beraktifitas seperti SEMULA (WAJIB), semua telah direncanakan TUHAN tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan ditakuti.

    Semoga tulisan ini ada manfaatnya untuk teman-teman sekalian. Mari kita berjuang, kalau kata D’MASIV –> “JANGAN MENYERAH” sampai titik darah penghabisan. Badai pasti berlalu bro/sis…

    HORAS…

  56. Rio

    Boleh tu bro…..di kompulir bro yg punya pin bb at yg lainnya,,,

  57. Rendy

    klu tmn2 bersedia kta bkin grup aj supaya bisa sling bantu….

    • agung

      Yu kita bikin grup . nama nya the panic room hehehe. Ane jg ngalem bro. Di kira serangan jntng. Dah brkali2 kna srangan. Tp kok ane gk prnah down aj. Bingung. Rasa hidup gelap sprti gk ada hrpn. Sprti tinggl menunggu ajal. Uhhh sdih bgt deh. Ksian blm bsa bhgiain anak dn org trkasih. Tp stlh bca blog ini ngebantu bgt. Tr nyta msh ad hrpn tuk hdup dn brbuat yg lbih baik lgi tuk org2 yg kta sygin

  58. Rendy

    hallo teman2 saya rendy saya mengalami serangan panik sudah 4 thn berbagai pengobatan sudah saya lakukan ke dokter spesialis dan berbagai test juga sudah saya lakukan tapi hasilnya tidak apa2 kata dokter dari kepala sampai ujung kaki sudah saya test tapi kata dokter normall semua ,saya hampir putus asa akhirnya saya ke dokter psikiater dan saya dikasih obat penenang ,pertama2 minum obat psikiater rasanya ada sedikit membaik terus lama kelamaan obat pun tidak ada rasa lagi dan saya putuskan pergi ke hipnotrapi uda 10 kali saya di hipnotrapi tapi juga belom dapet kesembuan .sekarang saya sudah agak mendingan dan sudah bisa beraktivitas kembali seperti biasanya walaupun serangan panik saya masih kambuh cuman saya tidak takut seperti dulu lagi saya hadapin dan saya terima dia sebagai teman dan slalu berpikir yg positif .ketika panik datang menyerang cobalah bawah semedi dan tarik napas dalam2 dan kluarkan dari mulut pelan2 sambil bepikir yg indah2 .

  59. ef

    Halo semua. Saya juga mengalami serangan panik. Dua bulan lalu yang paling parah. Saya merasa otot dada nyeri (pada saat ini saya berpikir sayakena serangan jantung) napas terasa sesak. Keringat dingin. Jantung berdebar kencang. Dingin. Dan seperti ingin pingsan. Saat itu saya lgsg dibawa ke ugd. Namun dokter menyatakan saya dalam kondisisehat dan hanya diberikan obat utk asam lambung.
    Saat itu saya pulang. Tp drmh saya msh kesulitn saat tidur.

    Setelah beberapa hari. Rasa ga nyaman itu msh ada. Dan saya memutuskan utk pergi ke dokter yang berbeda. Disana saya hanya diberi vitamin. Katena mmg semuanya baik2 saja.

    2 minggu berlalu dengan baik. Tapi setelah saya pergi dan kecapean rasa ga nyaman itu muncul lg. Btuh beberapa hari spy bisa kembali seperti biasa.

    Dan sekrang saya mencoba men -sugsti diri saya sendiri.
    Setiap saat akan tidur saya berkata dalam hati bahwa saya Sehat. Saya Kuat. Saya Berani. Dll. Semua hal positif saya usahakan untuk terekam dalam ingatan saya.

    Alhamdulillah sekarang saya bisa beraktivitas spt biasa. Tanpa ada pikiran cemas kembali.

    Setiap keadaan cemas. Saya berkata dalam hati bahwa saya kuat saya sehat.

    Sugesti sangat membantu untuk saya.

    • inop

      sy bersykur bisa menemukan blog ini, sy juga mengalami masalah kecemasan, awalnya kecemasan ini ketika sayakelas 1 SMA pernah kesambet, setelah sembuh tp kecemasan ini muncul lagi tahun 2012, sampai sekarang,
      sy pikit hanya sy yng mengalami serangan kcemasan ini, serangan ibi sering muncul saat berkendara, saya mngendarai motor, ,,
      tp memang harus bisa memberi sugesti pada diri sendiri bahwa kita sehat….
      yang ingin share ato crita2
      nugrahanugraha73@gmail.com
      73EAAC99 : pin saya. ……
      trima kasih atas blog ini ๐Ÿ˜€

      • ilham

        Iya saudaraku inop. Kt sama.
        085207741191. Tpi yakinla kt psti sembuh. Amin

  60. sandy suardi

    temen2 senasib seperjuangan di fb sdh ad group yg membahas tentang ini namanya “anxietas forum indonesi”(afi)

  61. icha

    Terima kasih atas infonya dok
    saya pelajar sma dan mudah sekali panik
    berkat anda saya bisa meminimalisir kepanikan dan lebih tenang

  62. Lie

    Mkasih dok masukannya cukup membantu.
    Awalnya saya gak tau ini penyakit namanya apa’an, cuma setelah baca blog ini saya jd tau dan saya tidak merasa seperti orang aneh dan sendiri.
    Setiap kambuh saya selalu merasa ketakutan, saya takut sendiri, takut bekerja sampai saat ini hampir 3bln saya tdak bekerja selama sakit aneh ini muncul.
    Bahkan setiap kambuh saya berpikir bahwa ajal mau menjemput saya.
    Saya tidak tau pasti apa penyebabnya, tp ini sgt mengganggu hidup saya,
    Saya sudah ke RS beberapa kali, saya bahkan sudah menjalani operasi namun panik ini masih saja timbul.
    Penyakit ini membuat saya mudah marah, emosional, sering merasa kaget, telapak kaki dan tangan dingin seperti es dan dada jg sesak.
    Kadang saya merasa bahwa mungkin saya gila karena saya sensitif terhadap orang2 sekitar saya, dan saya juga merasa takut bergaul dengan orang yg saya tidak kenal dan saya selalu merasa panik jika saya tidak melihat orang2 yg membuat saya nyaman seperti mama, adik, ato teman terdekat yg saya percayai bisa menjaga saya.
    Lantas apa yg harus saya lakukan dok supaya penyakit aneh ini bisa hilang.
    Buat yg punya perasaan sma seperti saya, bisa sharing jg sama saya, invite aja pin bb saya 27226bc4

  63. Evie Andrayani . A .

    Askum :). Sya anak berumur 14 thun , saat ini sya mengalami pnyakit panik ๐Ÿ˜ฅ saya sangat ketakutan , sya slalu dihantui dgn perasaan mati ๐Ÿ˜ฅ saya sangat takut skrng ๐Ÿ˜ฅ . Mau tdur pun saya takut ๐Ÿ˜ฅ saya takut tdk bsa bngun lagi ๐Ÿ˜ฅ setiap orng membicarakan mati , dada sya sesak , tbuh sya panas dingin ๐Ÿ˜ฅ tolong bntu sya ๐Ÿ˜ฅ sya tdak mau trus begini ๐Ÿ˜ฅ sya ingin tenang ๐Ÿ˜ฅ

    • ridha

      Subhanallah sy tidak sendiriii,,, sy juga alamiii penyakit ini trus terang sngat mnyiksaa ๐Ÿ˜ฅ

    • ike

      Walaikumsalam Evie, Nov tahun lalu saya juga merasakan seperti yg adik Evie alami. Saran Mbk, :
      1.Coba evie konsultasi ke psikiater, nanti evie akan dibimbing dan diterapi dengan obat-obatan dan konseling pribadi. Karena mbk dulu juga mengalami hal yg sama dan tdk tau solusi serta pengobatannya sampai akhirnya mbk menemui psikiater.
      2. evie juga perlu terbuka dengan orang tua dan saudara-saudara evie mengenai apa yg evie rasakan karena dukungan/suport keluarga sangat penting dalam mengurasi rasa takut dan cemas.
      3. evie juga perlu terbuka mengenai perasaan evie dan hal-hal yg membuat evie takut dan cemas, karena terkadang rasa takut dan cemas itu merupakan akumulasi dari hal-hal/permasalahan kecil yg kita pendam dan tak tau kpd siapa harus diceritakan, karena itu diperlukan seseorang yg bisa menjadi tempat untuk menampung cerita dan unek-unek evie, biasanya seorang psikiater mampu untuk mengkeep dan memberi solusi yg terbaik.
      4. Berfikir positif dan lebih dekat kpd Tuhan, karena itu sdh mbk buktikan dengan berfikir bahwa apapun yg Tuhan beri ke kita adalah yg terbaik dan penyakit ini datang karena Tuhan sangat sayang kepada kita. dan kita tdk sendirian ada Tuhan disamping kita. Insya ALLAH hidup akan tenang.
      5. Banyak cari tau mengenai penyakit yg evie alami (Axient dan Panic Disorder). Insya ALLAH dengan banyak mencari tau melalui referensi internet ataupun buku kita bisa tenang karena ternyata penyakit ini tdk seburuk yg kita bayangkan dan masih ada saudara-saudara kita yg megalami diluar sana dengan begitu kita tdk merasa terasing.
      6. Jaga kesehatan badan, sehingga kita bisa kuat menghadapi gejala yg datang dan jauhkan untuk sementara waktu hal-hal yg membuat evie tdk nyaman, namun setelah membaik evie harus coba pelan-pelan untuk memberanikan diri menghadapi yg evie takutkan tadi.
      7. Bila gejala panik datang lakukan hal – hal beriku evie : coba evie cari tempat yg membuat evie nyaman, tarik napas dalam dan hembuskan perlahan, kosongankan pikiran buruk dan ganti pikiran buruk evie dengan zikir (klo evie muslim), atau dengan kata-kata “klo ini pasti berlalu” dan bayangkan tempat/situasi yg membuat evie senang. Insya ALLAH Perasaan takut tadi pasti hilang.
      8. Semangat dan tetap optimis.
      Mbk Alhamdulillah sdh bisa dikatakan sembuh dari sakit ini, Klo mbk bisa Insya ALLAH dengan seizin Tuhan evie pasti bisa.
      Semangat ya Evie…Kita tidak sendiri dan ada ALLAH disamping kita…. :>

    • ilham

      Dek evie jgn putus asa. Yakinlah allah psti tidak akan tega melihat umatnya menderita

  64. Makasih banget dok saya sudah tahu saya terkena serangan panik, awalnya dada saya terasa di cubit setelah liat penyakit apa saja yang mungkin saya derita, tubuh saya merespom dengan mengikuti gejala2 yang lain, tapi setelah saya baca blog ini saya menjadi lebih tenang

  65. Ferdian A setyawan

    Trima kasih atas artikelnya.. penyakit gini an emg nyiksa banget. tp trnyata bukan saya sndiri yg mengalami, Kalau kalian bisa mengatasinya, saya pasti juga bisa. SEMANGAT SEMANGAT..!!

  66. satriyo budi santoso

    Assalamuallaikum wr wb
    Saya umur 24 mengalami seperti teman”..
    Jantung suka berdebar kencang,kepala ska kliengan,kaki dan tangan menjadi dingin.ini membuat saya takut dan sllu berfikir yg negatife.saya sangat takut dengan yg saya alami.saya sllu berfikir apakah ini gejala penyakit jantung atau stroke…
    Ini saya alami selama 4 bulaan belakangan ini.semnjak ditinggal oleh ibu tercinta…
    Badan saya mengalami bnyak keanehan..
    Dan saya sllu kepikiran,badan saya pun suka mengalami gerak” atau kedutan sendiri di bgian tubuh.sehingga saya menjadi berfikir yang tidak”..
    Dan akhirnya ska jantung berdebar” dan kringet dingin,dan menjadi sangt ketakutan
    Mohon masukannya apabila ada yang
    pernah merasakan seperti saya..
    Apabila ada yng membuat group tling di invite ya
    Pin:7d6e3c08
    Terima kasih

  67. Rita raveno

    Saya juga merasakan hal yg sama. Saya skrg sedang dilanda kecemasan dan kepanikan. Telapak tangan saya basah, kepala saya terasa ringan, saya takut kemana2 sndrian, takut ditempat keramaian, takut perjalanan dgn pesawat ataupun kereta, takut macet.. kondisi itu saya alami saat pasca melahirkan.. saya sudah berobat ke psikiater.. 2 psikiater.. psikiater pertama memberikan obat yg memang membuat saya pede dan tenang sekaligus ngantuk.. tp obatnya mahal2.. sebulan bs habis 2 jutaan… setelah berjalan 8 bulan, saya beralih ke psikiater lain karena saya gag kuat dgn biaya obatnya… psikiater ke 2 ini memberikan latihan hypnoterapi dan alhamdulillah sebulan biaya lebih ringan.. saya ikut hypnotherapi selama 10x dan juga diberikan obat.. obatnya menurut saya lebih ampuh yg psikiater 1, karena saya jd berani… klo obat psikiater 2, lebih mengantuk, bangun pagi tdk ada semangat… sudah 8 bulan ini saya tdk hypnotherapi maupun minum obat.. gejala2nya kambuh lagi… saya tdk ingin minum obat lagi sehingga sampe skrg pun saya tdk mau ke psikiater lagi… tp hidup saya mengalami penurunan… saya jd semakin terpuruk… pernah saya sudah di dalam pesawat, saya turun lagi karena ketakutan saya… teman2, bisakah memberikan saran kepada saya apa yg hrs saya lakukan… saya gag pernah merasakan kebahagiaan lagi… hidup saya hampa… saya punya anak dan suami… saya sampe berpikir utk resign dari kerjaan saya, tp keluarga tetep menyuruh saya bekerja….

  68. Rita raveno

    Pin bb saya 29d0a426… minta tlg d invite jika ads grupnya… terima kasih temans

  69. Saya pernah sampai 2 bulan ga berani tidur sendirian dimalam hari karna cemas, ngerasa ada yg masuk ke kamar. Sampe yang paling nyeremin buat saya itu takut mati, takut hari itu juga saya mati takut pas mejamin mata besoknya ga bangun lagi, sama seperti diatas saya, Mba ridha dan mba evie. Makanya sampe mata saya ada kantungnya.. Solusinya alhamdulillah saya coba meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Yang Maha Esa, sedikit demi sedikit hilang..

  70. elli

    Saya jga merasakan sperti saudaraโ€ smua,,sangat mengganggu kehidupan saya,,tmanโ€ tolong invite ya pin saya 2A1E4568 biar bisa sharing,,

  71. ben

    Assalmualaikum teman teman saya dahulu pernah mengalami serangan panik ketika SMP seolah ajal akan tiba namun lambat laun hilang sendirinya tapi sekarang rasa itu muncul lagi,setelah kemarin saya melakukan kesalahan tiba tiba muncul rasa panik itu kembali dan seakan tidak ada harapan untuk bahagia,saya sangat takut sekali apalagi saat kondisi sendirian,fikiiran terbang kemana mana dan tidak berarah,detak jantung tidak normal,badan panas dingin,tangan dan kaki lemas dan tidak nafsu makan,dan persendian menjadi kaku buat teman2 yang bersedia untuk sharing tentang pengalamnya,sangat saya butuhkan.terimkasih

    • Rezza

      Asalamualaikum.,
      Sya mengalami Panic Attack/Phobia/ ato apalah namanya itu karna semua Gejala dan perasaan rata2 sama dg semua org yg ada disini.,
      Mungkin mulai sejak tahun 2000 waktu umur 25th gak tau pastinya kapan.,
      Bayangkan brapa lama saya Menderita.,???
      Hampir 15 tahun.!!
      Udah 5 tahun sya dirumah saja buka usaha kecil2an tuk bertahan hidup.,
      Bener2 Menyiksa.!!
      Dan Benar2 Mematikan Aktifitas dan Kreatifitas kita.,
      Yg berujung pada keHancuran perekonomian/ke Uangan kita Masing2.,
      Karna kita gak Berani kemana2 dan selalu Di Hantui rasa keTakutan.,
      Alhamdulillah sya masih bisa bertahan sampai saat ini.,
      Walopun blom bisa hiLang Scara ToTaL.,
      Menurut sya ini adalah Masalah kejiwaan yg menjadi penyakit fisik.,
      Hampir di pastikan gak ada obat’nya kecuali dari dalam diri kita sendiri.,

      Intinya kalo gejala panik datang kita harus tetap Focus kalo ada HP telvon/sms/BBM teman/keluarga kalian, ajak bicara yg mengalihkan rasa panik itu.,
      Ajak bercanda misalnya.,
      Dan Jangan Lupa memberi tahu Lokasi kita dimana kita berada pada saat itu.,
      InsyaAlloh pikiran kita akan Tenang.,
      Karna Panik itu sendiri Asal MuasaLnya ya dari Pikiran Sadar/alam bawah sadar kita.,

      Untuk sementara seprti itu aja saran dari saya.,
      Ingat selalu bawa HP kemanapun anda Pergi,.
      Jangan sampe ketinggalan ato Lo bett.,!!
      Karna itu satu2nya alat komunikasi kita kepada teman/kerabat dan keluarga kita disaat kita jauh dari mereka.,

      Saya gak pernah sama skali mengObati penyakit Panik Attack ini ke Dokter/Psikater selama ini.,

      Semoga berManfaat.,
      Trimakasih.,

  72. assalamualaikum””
    umur saya 17 thn ,, Ternyata bukan hanya saya saja yang mengalami penyakit seperti iini ,, penyakit ini sangat mengganggu perkembangan tumbuh dan belajar saya di umur saya yang ke 17 thn,,
    sudah 8 bulan saya menderita dengan penyakit itu,, emm
    ‘saya sudah beroobat kemana” sampai” ke dokter jantung kiranya saya mengalami penyakit jantung dan ternyata tidak sama sekali,, penyakit itu datang secara tiba” pada saat pikiran kita kosong atau karna saya keseringan mengingat penyakit itu dan datang lah penyakit itu ,, rasa sesak sulit untuk bernafas dan nafas menjadi pendek , fikiran menjadi cemas seeakan akan ajal mau menjemput kita , dan terjadilah gerakan” gelisah tanpa kita sadari seperti : kaki goyang” punggung goyang” dll , selama 8 bulan ini saya sudah ganti” dokter sampai 14 dokter ,, dokter bilang ‘anda mengalami penyakit asam lambung, dan skrng lambung saya sudah sembuh, akan tetapi penyakit itu masih saja mengganggu saya,, astagfirullah ,,,,, sampai kapan saya akan menderita penyakit ini !! ๐Ÿ˜ฆ
    tetap sabar dan tawakal aja deh ambil hikmahnya aja ๐Ÿ™‚ Keep smile aja ,, yang ingin shering” +765ef390 wassalam

  73. Saya udah hampir 2 minggu alami ini, rasa takut dan cemas berlebihan… Menghayal hal buruk” yg akan selelu terjadi, uda kedokter hanya di kasih obat, puskesmas dirujuk ke rumah sakit, tiba dirumah sakit obat lagi, semua obat”an itu sama sekali ga membantu, yg saya rasakan selalu pusing, kadang kepala sakit, susah tidur, mata pandangan kurang jelas serta setiap bngun tidur atau sendirian rasa ingin menangis, sedih berkepanjangan rasanya…
    Apa mungkin karna diputusin pacar 8thn lalu dan membuat sedih berkepanjangan,mabuk”, berimajinasi berlebihan dan memiliki bnyak konflik dgn lingkup sekitar… Tap semuanya sudah sya lupakan dgn cara shalat dan mendekatkan diri dgn Tuhan agar iklas .. Gimana ni caranya 2 minggu ini serasa semakin parah rasa cems, serta ketakutan yg benar” bikin risih dan berat badan turun 8kilo, aktivitas saya benar” terganggu

    SAAT INI SAYA INGIN SEMBUH

  74. agung wijaya

    help

  75. agung wijaya

    asslmualaikum wr.wb tmn smua… nah awal agustus 2014 . sya ambruk bdan dingin nafas sesak.. mnyiksa emng secara fisik dan sikologis..sama gejala dngn tmn2 smua.. mlh bdan bnyk nyeri linu dan bnyk pndtangnya..hehee mlh ampe prt2 dan dingin srta yg gk pernh kedut2 slm sya tau..ini jd kedut2..wjar klo sya shock ya.. awal jntung brdbar debar kluar keringat dingin..klo kna angin kyk nusuk..cemas..sluruh tubuh linu..dan kedut-kedut. klo kringetan pasti dingin..trus kdang gmetar..bdan kyak ada yg jalan..dada nyesek..mlh kedut jg.. hasil ekg di igd bgus.. gk ada mslh ktnya.. dan doktr bilng asam lmbung.. ini gmna yg senior..tolong dong resepnya… biar gk parno nih.. oce plend..hehee

    • ana iduy

      Wah trnyata bnyak jga ya yg mngalami kya gini..mdh2han di komentar artikel web yg brmnfaat ini prtma2 kta smua bsa silaturahmi dan intinya bsa slg berbagi/sharing untuk setidaknya dr pngalaman positif tmn2 semua dalam mengatasi penyakit ini..kita yakin allah akn mmberikan jln yg terbaik bwt hdup kita semua..amin

      • ana iduy

        TETAP SEMANGAT..

  76. I’M NOT ALONE. Ternyata saya ga sendirian yg menderita sperti ini. Dan ini trnyata namanya Serangan Panik alias Pannic Attack. Pertama saya ucapkan terimakasih banyak utk dr. Yuda Turana SpS yg udh menulis blog ini. Dan saya udcapkan juga terimakasih utk semua teman2 yg udh mengomentari dan curhat di Blog ini. Curhatan kalian sangat membantu gw dalam mengembalikan semangat hidup. Sebelum ini gw jg Putus asa dlm hidup sperti kalian smua, dan stelah membaca ini smua gw jd brsemangat lg utk hidup. Sama sperti kalian juga gw tadinya org yg suka olahraga dan travelling. Dan setelah mengalami Pannic Attack ini gw jd CUPU. Takut olah raga, takut berpergian, takut macet, takut di keramaian, takut sendirian. Jangankan utk olahraga, berjalan kaki 10 meter aj gw takut. Ini dsebabkan karna gw dpt Pannic Attack br jalan kaki skitar 10 meter, GILA kan tuh hal gt doank gw takutin. Ini dia Psikis jd Rusak karna Pannic Attack ini. Sama sperti kalian smua, gw tdnya jg periksa Jantung dll, dan hasilnya normal dan sehat smua. Stelah gw analisa2 trnyata PENCETUS Pannic Attack ini adalah ASAM LAMBUNG. Kalo produksi asam lambung diatas normal maka Psikis kita akan Rusak, dan gampang cemas secara berlebihan. Bahkan hal sepele sperti berjalan 10 meterpun gw cemasin,GILA ya!!!
    Utk teman2 semua gw mau sharing, coba ikutin telnik mengatasi yg diajarin dokter Yuda diatas trus ni gw tambahin dikit smoga bisa membantu.
    – Teraturkan jadwal makan.
    – Jangan konsumsi makanan/minuman yg menyebabkan Maag / asam lambung menjadi berlebihan produksinya sperti Kol, Nangka, Alkohol, Kafein (kopi,coklat), rokok dll.
    – Olah raga ringan setiap pagi. Cukup dengan menyapu rumah aja kalo lo takut berolahraga kluar rumah.
    – Berserah diri kpd Allah SWT (bagi yg muslim)
    – Kuatkan/tingkatkan kepercayaan (Iman) bahwa Allah SWT ga akan ngasih ujian/cobaan di luar batas kemampuan kita.
    – Slalu berfikir positif.
    – kalo gejala Pannic Attack mulai timbul fokuskan FIKIRAN atau ucapkan dengan lantang bahwa “GW SEHAT!! INI CUMA GANGGUAN ASAM LAMBUNG YG MEMBUAT GW JD CEMAS!!!

    Slamat mencoba guys. SMANGAT ya. Hidup trlalu singkat utk dhabiskan dlm lingkaran KECEMASAN yg GA BERALASAN ini.

    Btw kalo ada group2an invite gw yak biar kita curhat2an. Curhat2an ini membantu Psikis kita utk membaik.
    Tlp/SMS/WA : 081277888088
    Pin bbm : 2B0C8580
    Instagram : @danovn
    Facebook : http://www.facebook.com/danovn
    Twitter : @BrokenDanovn

  77. hmmm ,banyak juga ternyata yg kena serangan panik yah ,saya juga sudah lama terkena teror ini ,walopun saya sudah terbiasa ,tp kadang saya tetap merasa takut sekali ,malah perutnya sampe sangat mual ,tp setelah dicek ke dokter ternyata hasilnya normal semua ,oia yg punya fb tolong add saya ya ini nama fb saya Gias yaumudin ..e.mile cpertelon@yahoo.com ,add yah biar kita saling sharing ttg masalah ini

  78. Terimakasih Dok ijin saya akan mencobanya. Saya sudah 1 bulan ini diserang panik,

  79. Terimakasih Dok ijin saya akan mencobanya. Saya sudah 1 bulan ini diserang panik,was-was,juga ketakutan. Yang sangat mengganggu aktivitas.

  80. agung wijaya

    bismilahirahmanirahim…ALLAHUAKBAR.. alhmdulillah hnya wktu 1 bln saja..sya sht dari asam lmbung dan cemas hnya satu bln… kuncinya ikhlas… jgn tempramen.. insya ALLAH.

  81. zhoy ghazali

    awal kepanikan saya yang saangat berlebihan ketika saya mengalami rasa cape dan kurang makan,,,awalnya panas dingin malam hari,dan tidak bisa tidur,besoknya muntah” dikirain saya mau sembuh,,singkat cerita setelah 2 hari mengalami rasa sakit saya pergi ke dr untuk berobat penyakit saya,katanya punya penyakit maag,setelah selesai berobat saya pulang dan minum obat tiba” kesemutan perut, timbullah panik dan kesemutan kejang bibir tidak bisa bicara lepas,,ya allah takutnya waktu itu…beberapa kali saya alami kesemutan kejang…
    sampai sudah satu bulan ini…sudah 4 kali alami ini krn sedikit sakit panik/takut berlebihan ..
    bahkan sampai gk bisa tidur malam gara” takut..berfikir negatif terus bahkan tdr malam cuman 2-3 jaM..

    saya benar” yakin akan petunjuk allah…rasanya pengen sekali menangis,menemukan blog dan teman” ini..,terima kasih dokter mohon izin mengikuti therapynya…bismillahirrohmannirrohiim..

    • Saya sekarang juga sedang mengalami gejala panik , tersiksa banget sampe ngurus anak pun gak karuan rasa nya.
      Tapi semua pencetus nya adalah asam lambung, yg mengakiibatkan kita cemas berlebihan
      Sama juga seperti kalian:( jantung berdebar2,sesak nafas,badan sakit semua,perut mual dan gak enak,badan panas dingin,kadang mau kedut2 sendiri ni badan
      Jadi pikiran pun jadi mengarah yg aneh2 dan macam2 ๐Ÿ˜ฆ
      Tapi saya harus kuat karna bukan saya saja yg mengalami hal ini, ternyata teman2 semua juga ! Semangat. !!!

  82. bambang

    salam kenal para sahabat tolong kalau ada grub fb mohon dikabari
    ini pin bb saya 7D67A640
    dan ini nomer hape saya gan 085235297679
    ini fb q gan https://m.facebook.com/bambang.irawan.900?ref=bookmark

  83. Ada hikmah dibalik semua masalah kita bisa ambil hikmahnya yaitu kita beribadah menjadi taat karna ingat akan ajal menjemput mungkin allah sayang sama kita dia mengingatkan kita akan maut mungkin itu aja si jangan patah semangat hidup cuma sekali jangan sia siakan hidupmu kawan

  84. Didik

    Sejak 2thn lalu saya pernah mengalaminya, sama spt teman teman rasakan, jadi panic attack bisa menimbulkan psikomatik, yaitu penyakit phisik karena psikis spt nyeri lambung, serasa sakit jantung, stroke, dan penyakit berat lainnya. Padahal semua itu bermuara dari jiwa kita yg sakit atau terserang panic.
    Pengobatannya bisa ke psikiater, dan akan diberikan terapi konseling dan obat.
    Utk terapi obat umumnya ada 2 yaitu obat untuk penenang jiwa dan obat utk pemicu seretonin dalam otak, karena serangan panic disebabkan hormon seretonin dalam tubuh yaitu di otak dan tulang belakang, tidak dalam kondisi tercukupi oleh tubuh. Jadi obat pembentuk seretonin mutlak diberikan oleh psikiater dlm proses penyembuhan penyakit ini.
    kalo teman akan berobat ke psikiater biar lebih murah, datang saja ke rsj, bila ke praktek individu biaya bisa lebih mahal.
    Salam sehat jiwa

  85. Kalo ada yg mau sharing2 invite aku lah 25C3F139
    Makasih:

    • DWI

      BENER SEKALI MBAK..AQ MERASAKAN ASAM LAMBUNG AKIBAT CEMAS

  86. Mutia Putri

    Assalamu’alaikum, salam kenal dok nama sy mutia dan sy pengen konsultasi dengan dokter mengenai diri sy, kenapa ya dok setiap mendengar musik keras yang menggetarkan gendang telinga, saya merasa pusing dan mual, itu kenapa dok

    • okky dom

      Ass wr wb…
      Saudara/i saya minta tolong cara ngilangin serangan panik
      Terima kasih ya

  87. ternyata saya tidak sendirian, ternyata banyak orang yang mengalami apa yang saya alami. berawal ketika saya masuk rumah sakit karena kolesterol tinggi disertai tensi tinggi. sepulang dari rumah sakit semua sudah normal tetapi keluhannya ga hilang2, sudah 8 bulan sejak kejadian itu. setiap hari saya pusing, sempoyongan, kebas dan kesemutan, jantung berdetak cepat, keringatan, nyeri di tangan dan kaki, kadang nafas sesak, konsentrasi menurun dll. saya selalu merasa bahwa saya sakit. setiap keluhan selalu saya kaitkan dengan penyakit2 yang serius dan mematikan. hal ini membuat saya merasa tertekan, khawatir, takut dan cemas. saya juga ingin sembuh seperti dulu yang periang dan penuh motivasi..

  88. Inov

    googling n ga sengaja nemu baca blog ini.
    perkenalkan dok , Saya inop

    apa ada hubungan tingkat stress yang tinggi dengan serangan panik dok ? latihan pernapasan itu bagaimana cara melakukannya ? apa dapat mengontrol saat serangan panik ? Trims dok , blog yang sangat membantu.

    untuk abang2 atau kawan2 yang mau sharing di invite aja pin bb sy 7BCB3540

  89. Chacha

    Saya baru sebulan ini kena panic attack!! Dr beberapa artikel yg saya baca sih emng bnr pernafasan perut itu, krn klo uda mulai merasa bakalan kambuh dgn nafas perut ditahan slm 3dtk bisa sangat membantu….. Untungnya mama saya sll membantu klo saya sdng kambuh, dy sll menyuruh saya utk tenang,bernafas perut dan memberikan saya air putih hangat dan sangat memaklumi utk mslh panik saya itu…. ๐Ÿ™‚

  90. dayat

    kalau saya gejala awalnya perut panas seperti ada cairan panas yang naik, terus badan panas, sesak nafas, detak jantung menjadi cepat, nah… yang mau saya tanyakan itu penyakit magh atau serangan panik?

  91. Budi

    Terimakasih atas info, Saran Dan cerita yg ada di blog ini, semua ini sangat Berguna Dan membantu banyak, terutama kepada diri saya yang saat ini mengalami. Semoga kita semua dpt mengatasi permasalahan ini Dan selalu dalam Berkah dan lindungan ALLAH swt.

  92. Hikmah nya penderita panic attack seperti keluarga,hanya kita sesama pengidap yg mengerti,mari sadara/saudari berikan suara,saran,curhat,keluh kesah mu,kita sharing bersama,semoga dengan terjalinnya ukhuwah/tali persaudaraan dpt di bukakan rizqi yg salah satu nya ialah berupa kesehatan oleh Allah swt.
    – Hindari kopi.
    – Makanan/minuman masam/keras/efek panas pada perut
    – Olahraga teratur.
    – Stop melamun.
    – Dan sadari/tanamkan pada diri kita bahwa ini adalah satu penyakit yg tidak dapat di bandingkan dgn begitu banyak nya kebahagian yg sudah kita rasakan,bersyukur.
    – Keep positif thinking,penyakit ini adalah anugrah dari tuhan,dgn di turunkan nya penyakit ini terhadap diri kita membuat kita kembali ke jalanNYA.
    – Curhat.
    – Kurangi rokok.
    – Istirahat teratur.
    – ikhlas,ikhlaskan semua hanya kepadaNYA,jadilah pemberani jangan merasa lemah,semua rahasia ada padaNYA,dan tiap2 yg berjiwa pasti akan mati,bersyukurlah kita di didik langsung olehNYA utk mengenali apa itu mati,bagaimana rasa nya seperti akan mati.
    – Keep smile ๐Ÿ™‚

    JANGAN PERNAH MERASA SENDIRIAN,TUHAN BERSAMA KITA ๐Ÿ™‚

    081349208746
    087817030412
    rizalaja47@gmail.com

    Mari berbagi ๐Ÿ™‚

  93. Makasih saran nya dok
    Saya adhe 19 tahun
    Merasa sesak dan waktu saya periksa ke dokter
    Dokter hanya bilang saya tidak apa2
    Tp saya merasakan sesak nafas
    Rasa itu hilang saat kita curhat ke seseorang

    Terumakasih

  94. syafii

    1tahun saya rasakan, kepala berat, berputar, penglihatan berkurang, tratapan, kaya mau mati, sangat takut, tangan pegang sendok bergetar, perut kembung, dada nyeri, di mana2 nyeri, saya berfikir punya penykit mematikan, sendawa terus g ada abisnya, sesak nafas, kepala saki, pokoknya serasa komplikasi semua penyakit,berdiri lama g kuat, sudah ke dokter, hampir smua dr spesialis saya kunjungi malah membuat saya takut ternyata, kalo liat orang mati jd pengen pingsan, jadi mari kita bersama2 semangat menjadi diri kita yg dlu,yang kuat, yg suka olahraga,jalan2, , menghilangkan kepanikan itu,jadi jangan takut,
    sharing bersama lebih membuat lega ,ahmad syafii, 23thn, jawatengah, 082225262700,wa-085865666854 , fb-syafii hmpcismg

  95. Saya juga menderita hal yang sama unur saya 26 di awali minum kopi lalu saya kleyengan ga bisa narik napas panjang ksemutan seluruh tubuh jantung bersbar pikiran kalut ga jelas…sejak itu saya jadi suka panik
    Kerjaan kalo numpuk saya begah susah berbapas
    Kalo kcapean sdikit negah…ke domter cuma sakit lambung katanya… Sekarang saya brusaha menikmati aja deh sampe semua normalll…shere teman2 luar biasa

  96. Yandri

    Assalamualaikum.wr.wb,, Sujud syukur saya ucapkan pada diri saya bahwa saya tidak sendirian mengalamin hal seperti ini,, awalnya tepat jam 12 siang pada 10/10/2014 badan lemes seperti mau pingsan tp tidak jg,, dari situ ketakutan dan kepanikan luar biasa, semua aktivitas serasa lumpuh, badan bergetar, keringat dingin, pikiran selalu negatif, kepikiran selalu akan kematian, imunisasi menurun drastis, di cek ke dokter kt y hanya asam lambung… tp alhamdullh sekarang lumyan sembuh walau blm total, setelah di kaji2 itu semua krn kita terlalu bergelimang dosa, ini peringatan dr sang pencipta agar kita kembali ke jalan yang benar, krn hidup ini hanya persinggahan, kita wajib bersyukur krn di coba dg penyakit jiwa seperti ini kl tidak,mungkin kita tetap berhura hura dgn dosa,, tips ya, sholat 5 wkt jgn tinggal,berdoa supaya Alloh cabut peringatan ini, berdzikir, di tambah sholat tahajud dan dhuha, serta perdalam lh alquran dan hadist.. InsyAllah sembuh . inti ya kita wajib kembali ke tauhid y.

    • dya

      insya Alloh amin..

  97. hahaha

    ternyata banyak yang kena penyakit ini sprti saya…

    saya sudah kena serangan panik ini 4 tahun dan belum sembuh juga, tapi memang obatnya hanya berfikir positif dan mendekatkan diri dengan tuhan maka tubuh akan memperbaiki diri sendiri, org yg dapat penyakit ini biasanya org yang mudah panik, khawatir, pesimis, berkeinginan besar tanpa mensyukuri apa yang telah dimiliki skrg……

    pengobatan diatas terdengar mudah, tapi butuh kerja keras yang sangat besar untuk terus melakukannnya secara konsisten dalam waktu lama..

  98. rizaldi

    Assalamualaikum semuanya..
    saya rizal umur 25 tahun..ternyata tidak saya sendiri yang merasakan penyakit ini..semua gejalanya sama persis yang saya alami dengan sodara semua. Sampai sampai mengganggu kualitas hidup dan dengan lingkungan sekitar saya. Saya sudah berusaha untuk berhenti merokok tapi memang kemampuan saya untuk menangani stress itu kurang akhirnya saya merokok lagi. Dan pada saat saya menulis ini panik saya sedang kambuh. Tapi saya agak sedikit lega karena telah mengetahui bagaimana kiat2 seperti yang telah teman teman semua share. Hati menjadi lebih tenang. Terima kasih

  99. Merry

    Assalammualaikum semuanya..
    Saya Merry 30 tahun.. Saya juga penderita kecemasan yang berlebihan.. Ini dimulai tahun 2013 karena suami saya terkena serangan jantung.. dan akhirnya disarankan untuk pasang ring dengan biaya yang sangat besar.. idak percaya dan saya merasa saya akan ditinggalkan oleh suami saya..Karena kjadian begitu tiba2 mungkin saya kaget, tidak siap menerima kenyataan..saya merasa hidup saya hancur, Setelah suami operasi ketika itu saya mulai sakit dan gejalanya persis seperti penyakit jantung.. jantung saya berdebar kencang, muncul keringat dingin, dan tidak bisa beraktifitas karena dada saya nyeri sekali..
    Saya tidak bisa bekerja sampai butuh waktu 3 bulan saya mencari pengobatan.. Saya periksa tiroid, jantung, semua hasilnya bagus. Saat saya disarankan oleh dr spesialis internist untuk ke psikiater saya sempat hiraukan.. Sampai akhirnya suami saya mencari artikel2 di google tentang penyakit saya dan memang disarankan ke psikiater..
    Awalnya sempat tidak percaya dengan apakah benar penyakit saya ini pannick attack dan depresi.. Saya pasrah untuk dibawa ke psikiater.. Alhasil selama 2 minggu saya diberi terapi minum obat saya berangsur2 merasa nyaman.. dan saya bisa beraktifitas lagi seperti orang normal.
    Tapi pengobatan ini dan terapi ini tidak cepat, intinya obat ini tidak bisa menyembuhkan, yang menyeambuhkan adalah pikiran kita sendiri.. Sampai sekarang saya masih mengkonsumsi obat dan masih terus terapi ke psikiater..

    Semoga kita semua yang sedang mengalami penyakit ini semakin dikuatkan untuk mengontrol pikiran kita..

    Kalau memang ada grup bbm atau whatsapp mohon saya diinvite..
    Pin bb : 528f5c70 atau WA : 081332790820..

  100. ini abru artikel edukasi yang berbobot gan, memng kebanyakan diindonesia apalagi dijakarta tuh gan banyak orang yang stress.. gimana gak mau stres kalo jalanan macet, naik busway angkutan juga lama nunggu dan antri panjang banget. streeeeess banget.. “pengalaman pribadi sih.. hehehe

  101. Wawan

    Alhamdulillah semoga semua diberikan kemudahan menjalani hdp ini, serahkan diri kepada Allah Swt dan slalu mensyukuri apa yg sudah dberikan kpd kita

  102. saya juga kadang , setiap pulang dari kantor,, atau waktunya pulang,,, lihat temen temen sudah pada masukkin laptop, kemas kemas, rapi rapi , dan lain lain ,, sementara aku masih menyelesaikan sedikit,, itu rasanya cemas setengah mati,, dek dekan,, panik,, gugup, panik, nafas juga … itu kenapa ya ,???, tapi nanti setelah melamaskan tubuh,, baca istighfar,, lalu pejamkan mata, dan bernafas dalam 4 kali,, itu langsung rileks lagi,..

  103. Vander

    Saya umur 23 thn… Saya sering Merasa panik pada waktu saya bgun tdur.. Itu saya udah Alamin udah sekitar setahun lamanya.. Semenjak saya berkonsumsi minuman beralkohol Dan waktu itu saya muntah2… Semenjak waktu itu saya kenak panas Dan meriang Dan saya Ke dok.. Ternyata saya kenak penyakit maag… Dri semenjak situ saya orgnya mulai menjadi parnoan Dan sering panik.. Kadang apa yg timbul di tubuh saya… Saya merasakan panik kadang saya Merasa saya ada penyakit lainnya setelah bawa kedokter saya baik2 saja.. Tapi kenapa saya sering panik ya?? Krna kepanikan saya smpe2 saya berpikir saya dekat dengan kematian… Ternyata semua itu terjadi krn pikiran kita yang berpikir selalu negatif… Saran saya..
    1 . Dekatkanlah diri kita kepada Tuhan
    2 . Buang jauh2 masalalu kita yang buruk
    3 . Hidup lah lebih teratur contoh Makan di waktu pagi,siang, Dan malam tepat pada waktunya serta konsumsi lah buah2 atau vit2 yang menjaga stamina tubuh.. Kemudian olaragalah kecil2lan klo selalu terasa capek.. Tdur yang teratur jgn lupa sebelum tdur berdoa bgtu jga bgun tdur.. Syukuri kalau Tuhan masih berikan nafas Dan kesehatan yang secara cuma2..
    4 . Selalu bersama keluarga, teman2… nonton tv di rmh berSama keluarga , atau jalan2 Sama teman2 ke mall..
    5 . Dan INGAT !!!!! Selalu berpikir POSITIF ingat kalau Tubuh kita itu sehat Dan tdk apa2… Asal kalian tau jika kita selalu berpikir negatif.. Disitu lahh peluang iblis akan mencobai kita… Jika kita sampe digodanya berpikiran negatif sudah pasti kita akan sakit Dan Merasa kematian itu dekat dengan kita…. Apa pun yang Terjadi selalu mengandalkan Tuhan di manapun kita berada…. Berdoa minta kepda Tuhan jauhkan iblis Dan ingat berpikir POSITIF ingat keluarga Dan teman2 kita …
    Thank u tmn2 setidaknya saya sudah sharring….:)

  104. rio yunandar

    AZZAHRA HERBAL AGEN TEH HERBAL QHI SINTANGย 
    Almt: JLN STG PTK KM7 Perum Nabila Blok F.5 Sintangย 

    TEH HERBAL RUQYAH

    Dan kami turun kan dari Al quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang – orang yang beriman dan Al quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian (QS. AI Isra’ : 82)

    TENTANG POHON BIDARAย 
    ย “Dan golongan kanan, alangkah Bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon Bidara yang tidak berduri. ” (QS. Al waqi’ah (56) : 27-28)ย 
    ย 
    KOMPOSISI TEH HERBAL RUQYAH QHI
    Ini terbuat dari Ramuan di ambil sebagian besar dari Al – Qur’an yang sudah di Ruqyah dgn surat Al-Baqarah Full, Surat Al Kahfi Full, serta ayat” syifa lainnya

    1. DAUN BIDARAย 
    2. DAUN KELOR
    3. ZAITUNย 
    4. BUAH TINย 
    5. MADU
    6. AIR ZAM ZAM
    7. AIR HUJAN
    INSYALLAH BISA MENGOBATIย 
    Gangguan fisik,maupun psikis, gangguan sihir, gangguan jin, keputihan, jantung, kurang nafsu makan, epilepsi, Histeri sariawan, sulit buang air kecil, badan lemah, sakit kuning, rematik, biduran dan alergi.
    Kolesterol Tinggi, Diabetes, pegal linu, anti mikroba, anti radang, melindungi kulit, rematik.
    Menurunkan berat badan, hipertensi,nyeri, virus EBV, HSV 1, HIV/AIDS, cacingan, anti tumor, demam, kanker prostat, kanker kulit, gangguan saraf, hepatitis, sakit kepala, rabun ayam dan sakit mata.

    EFEK DETOK KHUSUS GANGGUAN JIN DAN SIHIRย 
    Muntah, mual, pusing, ada sesuatu yang berjalan di dalam tubuh.

    Semoga di berikan kesembuhan yang sempurna sehingga tidak sakit lagi.ย 

    Untuk pemesanan dapat menghubungi :
    Hp 081345987509 (rio)
    Pin bbm :ย 24E6CD1F

  105. Thia

    Alhamdulillah ternyata saya tidak sendirian…pengalaman teman2 semua memberi saya pencerahan..saya juga mengalami hal serupa..kecemasan berlebih berasa ingin mati…ini terjadi setelah saya berhijrah ke jalanNya..awalnya saya gembira dan enjoy2 saja dlm hal berhijrah…ternyata beberapa waktu kemudian…saya berpikir mau mati karna perubahan saya ini…sepupu saya bilang yg kebetulan seorang psikolog, katanya ini hanya ujian dari Allah..dg adanya ujian seperti ini apakah kita ttp istiqomah atau malah lalai karna kebuntuan pikiran kita…mudah2an kita semua sadar bahwa tidak ada yg dapat menolong kita selain yg menciptakan kita…

    • Rezaakbarsanjani@gmail.com

      Buat sodari thia
      Saya baru mengalami serangan panik spt ini sekitar 3 bln lalu, dan memang saya hampir selalu berpikir bhw sy akan mati, krn memang sgt menyiksa batin maupun jasmani , sy sarankan segera mandi, ambil wudhu dan sholat, insya allah bermanfaat
      Saya sudah mencoba dgn cara spt itu alhamdulillah mengurangi gejalanya

  106. Pandu

    Semenjak terkena asam lambung saya jadi panikan, mood bisa berubah drastis, takut ketemu orang apalagi kalau lagi kumat paniknya. Buat tmn2 coba deh minum perasan jeruk nipis+ madu diminum sehari 3 kali sebelum makan. Alhamdulillah bisa mengurangi kepanikannya, trus banykin aktvitas di luar ruangan, hindari makan makanan yg mengundang asam lambunh berlebih. Tdnya saya jga pas olahraga trus kecapaia bgt timbul panik, tp skr sudah jarang kok, jgn lupa bagi yg muslim
    Bnyk2in ibadah, sholatnya lbh khusuk, bagi yg laki2 klo bisa solatnya di mesjid

  107. sons

    Saya sudah ngalami sejak thn 2009…puji Tuhan skrg dah sembuh…bagi kawan2 yg mau konsul bole kita berbagi pengetahuan…soalnya emang.dulu ga enak banget kalo lagi kumat…7c9ea09f

  108. aku juga saat ini mengalami situasi panic ini bermula saat meninggalnya kakakku semua itu langsung kepikiran terus sampai sampai karna kakakku sakit stroke sebelum meninggal dan riwayat penyakit yang sama dengan aku hingga aku mersa takut yang berlebihan ditambah lagi aku melihat sinetron yang menceritakan tentang sakaratul maut dan tandanya aku makin panik dan dari situ hidupku kepikiran tentang hal hal yang membuat aku tambah takut tiap harinya dada berdebar tidur kurang dan mual aku memutuskan untuk berobat kedokter supaya diberi resep obat anti depresi alhamdulillah setelah aku baca blog ini ternyata yang yg aku alami sama dengan lainnya terima kasih sharenya aku akan coba menerapkan hal hal positiv karna saat amau tidur adalah saat dan momok yg paling menakutkan untukku aku minta do anya yaa semoga aku dapat sembuh dari rasa panik ini karna kasihan suami dan anak anak ku badanku terasa lemas

  109. Dede

    Assalamu’alaikum saya ingin tanya bagimana cara menghilangkan serangan panik saya yg berlebihan yg biasa muncul saat berada di depan orang banyak sendirian dan selalu panik jika melakukan sesuatu yg sudah terencana biasanya berhubungan dengan fisik dan tidak terlalu panik dengan sesuatu yang tdk terencana atau mendadak. Kebiasaan panik berlebihan ini sudah ada sejak saya kecil sampai sekarang, cukup itu saja yang saya pertanyakan

  110. may

    aku juga kena penyakit ini persis seperti penyakit jantung, nyeri dada,Jantung berdebar, sesak,telapak kaki tangan keringetan & dingin. dibayang2i sm kematian takut keluar rmh takut tidur sndiri. bisa kambuh kapan saja & dimana sj pokoknya G nyaman, sm seperti teman2. kecemasan ini bermula sejak 2012 lalu, aq periksa ternyata ada hipertyroid udh mnum obt slm 6 bln stlh rutin mnum obt alhamdulillah gejala kecemasan hilang tp 2 thn kemudian kmbuh lg setelah operasi kuret, sejak itu gejala yg dlu aq rasakn kambuh lagi. yaa,,, skrg aq ambl Hikmahx aja, dgn adax penyakit ini aku mlah lbh dekat lg sm Allah, rjin sholat 5 wktu & zikir dimnpun kapanpun.:) bwt tmn2 jgn menyerah, brhenti negatif thinking. yakin bhw qt bisa sembuh.

  111. deni

    nm sy deni umur 27

  112. deni

    nama sy deni umur 27, sy kena serangan parno itu sekitar 2 bln, awalnya dari penyakit maag, setelah sy sembuh dari maag akirnya sy kena serangan maut PANIK wooww, memang sgt mnakutkan, setelah sy pelajari, ternyata serangan itu diciptakan oleh fikiran kita sndiri tnpa kita sadari, apa yg qm fikirkan yg mnakutkan,maka itu yg km rasa akn trjadi… betul,,,! tp semuanya sdh brlalu…. sy sdh jauh dari serangan panik, bukan sembuh!! krn KITA TDK SAKIT HEHE.., caranya sy akn AJARKAN,DAN PSTI BERHASIL..:

    1. TERIMA SERANGANNYA..!!
    jngn takut..!! krn serangn itu adlh diri km sndiri, smakin qm takut,lemah,maka dia smakin kuat untuk mnyerang qm…!
    2. BERUSAHA UNTUK MENGAMBIL ALIH SETIAP SERANGAN..
    katakn dlm hatimu bhwa :SY LEBIH KUAT DARI KM, KRN SY YG MNCIPTAKAN KM…!!hehe
    3. JANGAN HINDARI SERANGANNYA…
    krn semakin km mnghindar, mka serangan itu smakin KUAT. hadapi selalu dngan SENANG HATI DAN TERSENYUM,DAN DENGAN KEKUATAN HATIMU YG KUAT..
    4. BIARKAN SERANGAN ITU BKERJA..!!
    ada wktunya dia lemah, dan saat itu km tertawa haha,, km brkata dlm hatimu..: TERNYATA SERANGANMU CUMA BEGITU,,,SORRY HEHE KM BELUM TRLALU KUAT UNTUK MELAWAN SY DENGAN SERANGAN MU…! MAKA SY AKAN MENYERANG KM BALIK..!

    Saat anda mnyerangnya balik anda kuatkan hati,kuatkan fikiran,marahlah kpd seranganya,dendamlah pada seranganya,, ! dengan hati yg bersih maka anda brkata dlm hati: SY TELAH MNGHANCURKAN SETIAP SERANGANMU…!! PERGILAH, KRN KM TDK AKAN PERNAH MAMPU MELAWANKU..!!

    Buat tmn2 yg alami serangan sprti itu,bgitulah caranya untuk mnghancurkanya… krn serangan itu adalah dirimu sndiri, pinku 5416DD85

  113. Desmateana

    Saya pernah mengalami sakit kemudian saya pergi ke dokter dan sembuh.semenjak saya mengalami itu pikiran saya menjadi takut dan panik berlebihan jika pikiran negatif itu timbul,saya merasakan deg degan berlebihan,keringat dingin,pikiran kemana mana,kadang terasa mual.ketika saya akan tidur pikiran negatif tersebut muncul dan membuat saya susah tidur.dan jika akan tidur panik sendiri kalau tidak bisa tidur dan rasanya menyiksa di pikiran.dan merasa tubuh lemas tidak bersemangat dan takut terserang penyakit.saya bingung mencari solusi.tetapi jika saya bersekolah bertemu dengan teman teman beban pikiran hilang.tetapi jika pulang rumah rasa ketakutan timbul lagi.gimana solusinya ?

  114. rizki among

    Assalamualaikum wr. wb.
    nama saya rizki, 21 tahun, setahun blkngan ini sya srg mrsa ssak napas, pikiran sya sllu k serangan jntung, sbab itw stiap mlam sya tdk bsa tdur dgn nyenyak,
    wktu sya periksakn k dokter, dy blg hnya trkena asam lambung, yg dpicu oleh jdwal mkan tdk tratur dan strees, dtmbh kbiasaan mngknsumsi kafein, smkn mmperparah pnykit ini,
    Sya akui sya sulit lepas dri kbiasaan mngknsumsi kpi mski skrg sdkt2 sya kurang
    tp srgkali msh sja trgoda u/ mminumnya sperti adam yg dbujuk mkan buah yg trlrang, itwlh yg sya rsakan, dan saat sya mlanggarnya,jntung sya kmbli brdebar dgn kerasnya dan mmbuat sya smkin ktkukan., dn trseranglh gjla panik, tkut mati, rsanya ingt ada jg artis yg mninggl dg rwyt pnykt yg sma sprti sya, saat sdg dlnda pnik, bhkan obat maag pun drasa tdk mmbri efek yg ckup brrti, mski aktvtas dsiang hri brjlan nrmal sprti tdk trjadi apapun,
    Sya sdh cba brbgai cra, tp sprti mmpi bruk yg truz trjdi, trmksh u/ brbgai srannya

  115. jatmika

    nama saya jatmika.
    saya terkena panik / cemas berlebihan dari tahun 2008. awalnya sakit, saya hampir tiap hari masuk rumah sakit, krn begiru panik perut keram, kaki,tangan, mulut keram semua, nafas sesak. hasil lab saya normal, bahkan saya sampai berganti ganti dokter. 3 bulan kemudian saya sempat sembuh itu dikarenakan saya refresing terus selama 3 bulan, tanpa mikirkan apa2. kemudian sy disorkan perkerjaan, dan disana cemas/ panik saya kambuh lagi hingga sekarang. setelah saya pikir, ada beberapa 2 faktor penyebabnya :
    1. kondisi fisik down
    2. beban psikologis krn suatu masalh yg kita pendam

    karena yg saya alami, hanya orang2 yg pernah mengalami seperti kita ini saja yg mengerti kondisi kita dan bagaimana mengatasinya. karena itu tolong di share pengalaman teman2 ke saya. karena itu sy usul supaya ada group whats app meng invite saya ( 081228998968 ), sehingga pada saat salah satu dari kita ada yg kambuh, kita bisa saling support.

    terimakasih, semoga kita bisa normal kembali. amin,
    ( jgn lupa tolong di buat grup WA nya ya ).

  116. truly

    Buat rekan2 ada baiknya rekan-rekan checki web site :
    http://www.dokterdigital.com/

    artikel info penyakit dari A to Z yang berhubungan dnegan serangan panik/cemas/berlebihan yang relevan seperti info penyakit sbb:
    Ganguan Kecemasan Umum
    Gastritis
    GERD
    Imsomia
    Penyakit mental
    Sindrom kelelahan kronis
    Skizoprenia
    dan lain2
    Semoga membantu mendapatkan informasi yang baik bagi yang mengalami serangan panic/cemas/stress

    GBU

  117. terima kasih informasinya

  118. Fajar Nur Rachman

    โ€Žโ€‹โ€‹โ€‹ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ saya menemukan blog ini .. Saya berumur 23 tahun .. Pada awalnya saya memang pecandu narkoba .. Dan โ€Žโ€‹โ€‹โ€‹ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ saya bisa berhenti semenjak saya akan menikha dengan calon istri saya .. Disini awal mula saya merasakan penyakit yang bagi saya sangat sangat merugikan hidup saya .. Saya ketua club motor di kota saya . Dan personil band indie .. Otomatis sayaa sangat dekat dengan yang namanya wanita dan hiruk pikuk dunia yang memang lebih banyak ke hal negative .. Namun semenjak saya mengetahui saya di duakan saya oleh calon istri saya . Saya mengkonsumsi obat penenang untuk menghadapi hal yang sangat sulit untuk saya terima .. Sudah hampir 1 bulan saya merasa serangan panik ini . Saya selalu berfikir kalau saya akan meninggal . Saya fikir ini efek dari obat penenang itu . Tapi setelah saya berhenti mengunakan obat itu . Ternyata penyakit itu masih tetap ada . Saya sangat sulit sekali tidur . Selalu merasa takut .. Sampai2 saya berfikir untuk apa lagi saya hidup . Semua nikmat dunia sudah saya rasakan . Tapi maasih banyak fikiran yang menahan saya untuk meninggal . Bekal apa yang saya punya untuk di akhirat nanti . Dan allhamdulilah penyakit ini bisa hilang apabila saya berkumpul dengan keluarga besar saya . Orang tua saya . Walapun serangan itu datang setiap hari . Lama kelamaan saya bisa menghadapinya dengan saya rajin beribadah . Selalu cerita kepada orang tua atau teman ..

  119. Fajar Nur Rachman

    Mungkin aada sedikit saran dari saya yang bisa bermanfaat :
    1. Hindari kesendirian
    2. Kurangi meminum kopi yang ber caffein .
    3. Berhenti merokok.
    4. Dan selalu ingat .. Allah menguji manusia tidak melebihi batas kemampuan manusia itu .
    5. Always positiv thinking . Walaupun itu sulit ..

  120. suniman

    ุงุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡
    segala pujian bagi Allah swt.
    saya berumur 30 tahun, saya mengidap penyakit ini kurang lebih 4 tahun lamanya. namun alhamdulillah berangsur membaik. saya berfikir Allah sedang mengajariku untuk berlaku IKHLAS dan menerima setiap keadaan yg menimpa saya saat ini..

  121. suniman

    tolong masukin saya group Wa. ini nomer saya : 087865657607. butuh support diantara kalian

  122. Saya jga pernah rasa in ap yang teman rasainn..memang melekahkan..mau gimn lagi harus dijalanin…alhamdulillah sudah mendingan….yang pengen sering pengalaman no pin aka537429e4

  123. Adi Nugraha

    Saya sudah 7 bln menghadap kecemasan, segala RS di Jkt sudah saya dtgi, mulai dr spesialis jantung sampai dgn spesialis saraf semua hasilnya normal dan saya juga pernah mendatangi Dokter Kejiwaan 1 kali diberikan obat clobazam dan diazepam, namun takut utk minum karena bisa ketergantungan.. share group utk para pengidap penyakit kecemasan ini.. thanks salam sehat jiwa

  124. Terima kasih, dr. Yuda Turana, SpS Artikel Dokter sangat membantu.

  125. Sya juga rasakn APA Yang teman2 rasakn,tapi mau gimn lagi,semuanya harus dijalanin,lamb at laun pasti sembuh,serahkn aj pada Yang did at as,,emng gk segampang balikin telapak Tangan sih,alhamduliillah ku dah gk mending an,buat teman Yang mau shearing in pin aku5769db32 rief

  126. Sari Dwi

    Terimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini.
    saya sering sekali merasakan panik tanpa ada sebab yang berarti, saya merasa bingung dengan apa yang saya lakukan, apa yang sedang saya pikirkan. saya akan mencoba cara – cara tersebut, mudah2an saya bisa mengatasi kepanikan saya, terimakasih

  127. mulyanti

    ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู
    Sama sprt tmn2 awalnya sy adalah pribadi yg periang,berani dan tdk cengeng,,sy mdh bergaul banyak aktifitas,,semua ini berawal th 2007saat sy melihat alm bp sy di ruang icu dgn selang di mana2 dan akhirnya meninggal (smg alm bp sy di tempatkan di Syurga-Nya Allah SWT,ุขู…ูŠู†ูŽ ุขู…ูŠู†ูŽ ,ุฃูŽู…ูููŠู’ู† ูŠูŽุง ุฑูŽุจู‘ูŽ ุงู„ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠ),,sprt org yg baru jatuh pd saat itu blm sy merasa baik2 sj,kuat dan bisa menerima takdir ini,,bbrp bln dr kejadian itu sy mulai merasakan hal2 aneh,setiap kali badan gk enak timbul pikiran ini dan itu dan terbayang ยช๏พยช”ยช๏พยช yg di alami alm bp sy,setiap kali sakit pikiran sy rasanya hidup sy akan berakhir,melihat anak2 msh kecil bawaan sedih,keringet dingin,panik,cemas jantung berdetak kencang,,setiap kali curhat ke suami dia sll blg kamu harus lawan perasaan2 sprt itu,aq berusaha setiap kali perasaan takut itu dtg sll ber-Istighfar,,baca2,,supaya pikiran kita tdk kosong,,saat sdg parah2nya sy sempet di rukiyah,ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ูŽู‡ูุฑูŽุจู‘ูุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠ lama perasaan takut itu hilang,,tp akhir2 ini perasaan itu srg muncul kembali,,apalagi di saat badan merasakan tdk enak/sakit selalu pikiranku kemana2,,sempet terpikir untuk ke psikiater tp suami melarang,karena dia yakin yg bisa menyembuhan hanya diri kita tentunya dgn seijin Allah SWT,dan setiap kali sy gk enak badan sy selalu takut ke dokter,sy udh ketakutan nnt dokter malah bilang ini dan itu dan hanya akan membuat sy tambah ketakutan,sprt kmren ๎œโˆ‚๎œ yg sy rasa kurang enak di dada,pikiran sy malah kemana2 timbul kembali ketakutan itu,rasanya kalo sendiri makin menjadi,bbrp hari ini sy rajin browsing masalah yg sy hadapi dan cara mengatasinya,dan akhirnya sy menemukan blog ini,mdh2an ini awal dr kesembuhan semua ini bgtu jg dgn teman2,,dan jgn sampe kumat/terulang lagi,karena sy sndiri merasakan tersiksa dgn semua ini,sy yakin Allah akan menyembuhkannya asal kita yakin dgn kekuatan-Nya,,ุขู…ูŠู†ูŽ ุขู…ูŠู†ูŽ ,ุฃูŽู…ูููŠู’ู† ูŠูŽุง ุฑูŽุจู‘ูŽ ุงู„ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠ gk ๎œโˆ‚๎œ salahnya kalo kita membuat grup karena sy merasa sdkt lega kalo sudah curhat,kalo tujuannya baik ุงู ู†ู’ ุดูŽุข ุกูŽ ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ู akan menjadi silaturahmi yg baik,,ini pin sy 27617c65

  128. kimmy

    Hii slm kenal semua,makasih utk tips2nya,tyt byk snasib dgn sy,sy mngalami sakit ini sdh stahun,sy sdh wisata kedokter/klinik /rumah sakit dan hypnotherapy walaupun ga rutin, tapi hasilnya sy dinyatakan sehat,membingungkan mmg,sbulan ini sesak napas sy kumat terus smp sy tdk bs brkonsentrasi bkerja,brsosial,brada dikerumunan or keramaian,kelelahan finally barusan kmrn sy dr rumah sakit THT krn sesak napas sy kumat lg hidung mampet,sperti sakit radang n amandel,keringt dingin. Sy didiagnosis sakit Laryngopharyngeal reflux (LPR) sy diberi obat, disuruh sholat tahajud dan tdk stress sm Dokter,sdh 2hr sy lakukan diet dan sdh mendingan,hr ini sy kerja mdh lelah kmudian masuk lift penuh org dan akhirnya sesak napas sy kumat lg sy lgs brlari keluar dan mncium aromatherapy n udara diluar gedung baru enakan,so skg sy brusaha dan mngikuti saran dokter,sholat,menenangkan diri,tdk melamun/bengong/sendirian smoga ada perubahan Aamiin,mohon ada grup buat sharing2 biar saling mnenangkan n memsupport sesama heheh pin bb sy 54CFAFC4 mksihh^^

  129. ajek

    hay all.. nama saya sarah usia 23 tahun, saya baru mengalami yang teman-teman alami sekitar 3 bulan blakangan ini, saya merasa bingung sekali, mala orang tua saya kurang mengerti dengan yang saya alami, padahal ketika serangan ini datang rasanya saya seperti mengalami penyakit jantung dan seperti menuju kematian. saya mohon info nya ya teman-teman.
    bantu saya.

    saya butuh skali bantuan dari temen-temen semua
    pin : 54e8a374

  130. Miko Meong Meong

    Buat semuanya semoga lekas sembuh dan dimudahkan segala cobaannya…mari kita berdoa bersama sama dan selalu ingat akan kebesaran NYA…kata ibu saya jika kamu merasa bebanmu lebih berat dari yang lain. itu karena Tuhan melihatmu lebih kuat dari yang lain.Buat semuanya Tetap semangat aja dan selalu berpikir positif

  131. Lukman

    Assalamualaikum alhamdulillah saya menemukan blog ini. Krna saya juga mengalami hal yg sama serangan panik datang baru sekali ini. Berawal dari setelah saya meminum obat tiba2 jantung saya berdetak kencang disusul dengan dada panas dan aulit bernafas sampai merasa mati rasa dan dalam pikiran saya inilah akir hidup saya dan rasa itu sampai saat ini belum bisa saya kendalikan.. sesekali tiba2 kambuh dan merasa ajal saya sudah dekat.. mohon saran dari saudara2 semua. Kalo ada group untuk saling konsultasi mohon saya diinvite 7cfbf6c3

    • Lukman kt sm…jgn trlllu dipikirkan
      Lbh baik cr jln agar kt bs smbh…dipikir cemas
      Gak dipikir malah aman

  132. ass.dok, bagaimana kalau keadaan kita yang selalu gemetar tinggi saat gugup tapi gemetarnya sudah berlebihan sampai denyut jantung terasa cepat dan pikiran kita jadi kacau,,,gimn tu dok ,,sebab itu sdh sering saya alami dan takutnya berbahaya tlng kasih saran y dok

  133. Ternyata saya tdk sendiri ๐Ÿ˜ฆ

  134. erwin

    Trima kasih untuk masukan teman2 semuanya, setelah membaca pengalaman dan masukkan dr teman2..sy merasa lebih lega. Gws n Gbu all….

  135. Saya masih bersekolah(6).Pada tanggal 17Agustus 2015,di sekolah mengadakan lomba,kls 6 lombanya balap karung tapi ketika saya akan melompat secara tiba-tiba tangan saya gemetar,nafas pendek,dada terasa tertekan,dan tidak bisa terkena dingin,jika terkena dingin langsung pusing.Sebelumnya saya tidak pernah seperti itu.Sampai sekarang tetap akan tetapi sekarang semakin sering kambuh dan tangan dingin.Sewbenarnya penyakit apa yang sedang saya hadapi sekarang?

  136. nani

    Assalamualaikum..teman2 smua…alhamdulillah saya nemu blog ini dan bisa berbagi pengalaman dengan kalian..awalnya dada aku ngrasa panas sampe k idung..jantung berdebar..serasa mau pingsan..itu terjadi di tempat kerja..langsung deh dibawa ke igd..langsung di ekg jantung normal2 aja..dan dokter berkesimpulan aku kna asam lambung..hampir sebulan blm sembuh2 masih kembung masih sesak..berganti2 dokter pun hasilnya sama asam lambung dan dokter langsung tau kalo pemicunya adalah stress..jujur memang saya stress mikirin ni penyakit ko lm bgt belum sembuh2..dan gara2 penyakit ini pula aku yg tdnya ceria g takut apapun,aktif kesini kesono jadi parnoan tkut penyakit ini itu dan lain sebagainya ๐Ÿ˜ญ..sudah hampir satu bulan kerja jg jd g maksimal ijin terus..terpaksa cuti dan akhirnya pulang kampung buat istirahat..tadinya dikampung udah lumayan..eh penyakit panick attack itu muncul saat aku tidur siang ada yg ngagetin tiba2 aku kebangun aku kaget jantung berdebar kenceng bgt..lemes..dan alhasil aku jd takut buat tidur takut kaget..periksa lg di rumah sakit d ekg jantung madih normal cm agak cepat detaknya..lagi2 dokter blg pencetusnya stress..gmn caranya agar bisa ngilangin stress takut ini ya..masak tiap mau tidur takut padahal kn tidur emg kebutuhan penting bgt buat tubuh..dan kalo takut emg kejadian tiap bangun badan lemes jantung berdebar lagi…apa memang obatnya ada dlm diri kita sendiri yg harus bisa melawan rasa takut itu sendiri dan tentunya memang harus lebih pasrah sama sang pencipta…bagi yg mau share pengalaman dan yg udah berhasil ngilangin rasa takut bisa share donk ni bbm aku 51d359da..wassalamualaikum warahmatullohiwabarokatuh..trimakasih..

  137. ecko prasetyo

    luar biasa teman dan sahabat2 d blog ini,jujur penyakit ini menyiksa hampir 2thn aku jalani.sampai2 putus asa rasanya.tp dalam hati aku yakin pasti sembuh dan hanya kita yg mampu menyembuhkan diri kita sendiri..jgn pernah menyerah teman ..ingin berbagi pengalaman 085782245482 eckokasogi@gmail.com

  138. adl

    saya juga mengidap penyakit ini, gaya hidup saya tidak sehat tidur larut malam bangun kesiangan. di saat pikiran cemas timbul rasa takut yang berujung membuat jantung berdebar serasa mau mati pas seperti yang di jelaskan di atas sekujur tubuh kesemutan saya pikir ini akan berujung strok tapi tidak. setelah berusaha menenangkan pikiran panik pun reda dan napas mulai tenang, tapi setelah panik hilang malah gjala maag yang tinggal

  139. Minta saranx obat panik dok

  140. gerryapratama@yahoo.com

    Aku pun bgitu. Sudah 2 minggu kumat trus stiap hari. Inti nya cuek aja ! Diri kita yang harus melawan ! Tenang. Kita tidak kenapa2. Kita baik baik saja !

  141. Elazul

    Saya pun, sampai saat ini, saya coba terapi ruqyah mandiri atau bersama keluarga.
    Bagi yang minat cari d google, ruqyah syar’iyyah mandiri,

  142. aqila

    ass. Alhamdulillah ternyata sya tdk sendri. sya akan merasakan panik jika ada hal2 yang membuat jantung saya berdetak kencang.saya tidak tahu apakah ini penyakit jantung atau memang cuma kepanikan yang berlbihan. sya punya maag,apabila tiba2 maag saya kambuh,saya akan langsung panik,jantung berdetak cepat,badan semua lemas,keringat,dingin,seperti sesak,kayak mau mati saja.sya sudh membyangkan malaikat sudah mau datang.ya Allah. hal itupun sama ketika saya sedang sendirian.tiba” ada seperti bayangan yg lwat.padhal itu orang yg lewat.dada sya langsung berdetal cepat.keringat dingin.sya sudah membyangkan bayangan itu adalah malaikat yg sdah mau mejemput.pdhal ketika sya cek.ternyta ada org yg barusan lewat.huffffftttttt… tapi setelah tau itu klau orang perasaan sudah normal kembali. intinya berpikir positif saja.apabila tiba2 mnyerang langsung berdzikir… smoga setlah membaca ini perasaan mudah panik itu akan hilang perlahan2 amin ya Allah.thanks untuk semuanya.Alhamdulillah ya Allah.wasalam

  143. Wibisono

    Wahahaha…saya gk sendiri..dlu sampe 12x bolak balik ugd gra2 ni penyakit..tips dri saya karna saya prnh parah dgn penyakit ini..adalah cari tenang sejenak..bernafas dgn tenang..berfikir positif..nton film mr bean..pasti lenyap seketika tu panik..jamiiin.. 100% work.. d bawa santai ja guys..intinya itu..

  144. salam kenal, berungtung bisa temukan blog dgn postingan ini. saya mulai terkena gejala ini sekitar sebulan yg lalu. mmg sy akui disaat itu pekerjaan sy ontime trus tanpa pedulikan wkt istirahat. klimaksnya saat bangun tidur seluruh badan sy pegalnya minta ampun, disaat itu jg sy sdh terlanjur janji ngantar istri keluar kota dg jarak 45 kilo dgn berkendaraan. se jam setelah sampai di tujuan saat bediri nunggu istri sy di dera rasa pusing, keringat dingin, jantung berdetak cepat, nafas sesak, kaki serasa goyah panik luar biasa, berbagai pikiran berkecamuk. saat itu yg bisa sy lakukan mengucapkan Astagfirullah berulang2 kali sembari mencoba mengatur nafas. hingga kini perasaan itu msi sering muncul tiba2.

  145. meldy

    Ass… sy adlah salah satu orang yg terkena penyakit sperti it…
    sy suda hampir setahun..
    Pengalaman sy.. untuk menenangkan hati di saat sy kena serangan panik..
    sy sebagai umat muslim intinya selalu mendekatkan diri kepada allah swt. Slalu meyakinkan diri klw 1 waktu nnti kit pasti akan mengalami namax kematian dn sy selalu menghibur hati dgan mencari tempat ramai atau berkumpul dgn teman2..
    Sbelumx sy menderita penyakit panic sy berpikir klw sy akan mati… tpi dengan selalu meyakinkan diri perlahan2 penyakit panic sy udah mulai mengurang yg sebelumx biasax 2-3 kali dalam sehari… sekarang 2-3 hari sy tdk merasakanx lg..
    Semoga dgan pengalaman sy bisa brmanfaat buat teman2 sederita… trimakasi

  146. rani

    ya allah ,saya kira cm saya saja yg mengalami ny ,
    penyakit ini sangat menggangu saya ,apa lagi anak saya maaih kecil2 .
    suami saya selalu berpikir kalau saya sakit yg d buat2 oleh saya sendiri ..,bahkan saya lg salat pun , pikirian itu menghantui saya
    saya gk tau lg mau curhat sm siapa ?susah menjelaskan , atau bercerita dengan orang yg tidak mengerti keadaan saya ,.
    tapi dengan ada ny blog ini , saya sedikit lebih lega ,trnyata bkn saya saja ..

  147. Ferdyan

    Saya juga mengalami hal serupa…tahun 2008 akhir saya mendapat serangan panik…dan dibawa ke igd…ternyata tidak ada masalah apa2…saya bolak balik mengalami serangan panik…sampai banyak sekali keliling dokter…singkat cerita saya akhirnya putusin untuk ke psikiater…dan mendapat pengobatan…tahun 2010 saya berhasil survive dan lepas daribobat…tapi tahunb2012 saya kambuh lagi…sampai sekarang saya masih mengkonsumsi obat…yg sekarang paling saya risaukan..kalo2 saja saya mengalami penyakit jantung….

    • Kt smua sama..slllu ikhlas santai sebsa mngkin
      Jgn sering murung drmah bw jln keluar bw ngobrol dan
      Ngmpul sm tmn2

  148. ovelio

    syalom…skr usia saya 32 tahun….pertama kali alami pd usia17 tahun..saat SMU..yg tadinya pemain bola tiba2 jd penakut…ktika serangannya muncul peris seperti teman2 alami…beriiringnya wktu sy berhasil sembuh dan aktif lagi jd pesepakbola pd saat kuliah walaupun nafas cpt skali drop…saya sembuh ketika sy konsul dgn dokter dan dinyatakan sy tdk apa2…sjk saaat itu sy bisa sugesti diriku bahwa saya baik2 saja…..akan tetapi penyakit ini mmg meninggalkan traumatik….dan itu pasti….dan penyakit ini muncul slama setahun ini dikarenakan tuntutan pekerjaan yg dibawah tekanan dan membutuhkan konsntrasi tinggi….dan sampai skr sy trus lawan sama ketika penyakit ini menyerang berpuluh tahun yg lalu…..sugesti dirimu bahwa kita baik2 saja….

  149. putra raditya

    Sayaa baru baru ini merasakan panik setelah mendaftrkan tni..gara 2 sering jatuh . dan waktu itu sya selalu bnyk kpikiran .setelah itu saya merasakan sakit didada tapi cuma sebentar ..dan kpikiran saya smakin tmbh apakah sya trkna jantg karna paman sya baru saja meninggal karena komplikasi..saya lgsg meriksakan diri ekg dan hasilnya nrmal..dan sya coba untk mndftr tni lgi sya jtuh lg krna detak jantg sya mlbihi normalnya..smpai dua kali jatuhnya sama disitu juga pdhl ini tres takhir..dan knapa saat diperiksa saya merasakn cemas dan jntg berdebar..ttapi stlah diperiksa jantg sya kmbli normal…
    Terus saya mrsa bngung akhirnya saya check up kmbli hsilnya bgus smua rosen ,urine;dan darah .tetapi haputra rsil ekgnya abnormal krna sblum diperiksa sya sudh tegang tidak rilek krna kpikiran yang negatif..setlh dibri tahu klau ekg nya abnormal sya lgsg prgi kedokter spesialis jantung..akhirnya saya dikasih tahu sama dokter dan dikasih tips.dokter menyarankan agar jgn trlalu stre n jgn panik krna bisa mpgaruhi hasil ekg.. krna pnyakit bisa smbuh jika rasa cemas itu hilang..dan harus kuatkan mental..karena pnykit ini bsa smbuh dri kta sndri..n akhirnya sya dbri obat propanol ol obt penenang..apakah ada yang sama dengan ceritaku ini..mohon infonya

  150. Yulizo Anra

    Sama persis…
    Sepertinya jiwa kita yang sakit…

  151. Saya dulu juga rasakan teman2 rasakan banyak takutny .kalaw kita mau sembuh insyhaak Allah sembuh.bag I teman Yang mau sering invete pin 5d6ab266

  152. Yulizo Anra

    Tetap semangat…
    Cari kegiatan yg bs membuat kita tidak memikirkan hal2 yang lain..
    Ini bukan akhir hidup kita..
    Mari saling menguatkan.
    Saya sejak membaca blok ini rasanya lebih baik.
    Terimakasih buat semyanya..

  153. Ass…wr..wb…
    sama persis sy alami sprti tmn tmn smua…
    Smga allah mmbrikan kita smua ksbrn dn kesembuhan
    secepatnya…..krn hya allah tuhan kita satu satunya dia lh yg maha mnyembuhkan sgala pnyakit
    ini adalah kslhan kita hdp tdk prh tratur…
    …sy hanya brharap allah mmbrikan kt smua kshatn
    dn urusn kluarga dn ibadah kita tdk terganggu gr gr pnyakit serangan panik

    wass…

  154. ari

    5e33a65e pin data invite y .shering bareng

  155. yanti oktavia

    Assalamualaikum,
    Ternyata penyakit kita sama kawan-kawan,, saya terkena bulan Oktober 2015 lalu,, alhamdulillah sekarang sudah mulai normal,,pengobatan yang saya lakukan :
    1. Rutin ke dokter psikater ( pake BPJS, obatnya bagus kok)
    2. Meminum obat yang di berikan sesuai dengan dosisnya
    3. Makan teratur dan makanan sehat (hindari makanan yang bisa mengakibatkan penyakit asam lambung/maag)
    4. Olah raga ringan
    5. Tidur cukup ( paling lambat tidur jam 10 malam)
    6. Beribadah ( sholat dan banyak berdzikir) dan yakin Allah akan menyembuhkan saya.
    7. Keinginan kuat untuk sembuh
    8. Selalu berpikir positif.

    Insya Allah penyakit bisa sembuh, memang agak lama tapi,, yakinkan bahwa kita bisa sehat.

    Wasalamualaikum.

  156. Suci nurkhalizah

    Saya suci umur 17th
    Pertama kali saya alami panic attack ini bulan juli, setelah makan bakso lalu saya duduk dan merasakan seperti mau pingsan tp tidak pingsan, saya menjerit ketakutan sambil memeluk ibu saya
    Setelah beberapa jam saya merasa ketakutan yg amat sangat, tidur tidak berani sendirian, dada sesak dan panas, saya kedokter dan dokter bilang ini asam lambung sedang naik, saya cari penyebab asam lambung dgn googling ternyata salah satunya adalah stress
    Saya jg merasa takut akan kematian yg seperti sdh di depan mata
    Saya merasa tersiksa dan ingin cepat sembuh
    Mohon bantuan dan sharingnya

  157. Suci nurkhalizah

    Saya suci umur 17th
    Pertama kali saya alami panic attack ini bulan juli, setelah makan bakso lalu saya duduk dan merasakan seperti mau pingsan tp tidak pingsan, badan saya rasanya ringan/ tdk berasa nafas saya terasa sesak
    saya menjerit ketakutan sambil memeluk ibu saya
    Setelah beberapa jam saya merasa ketakutan yg amat sangat, tidur tidak berani sendirian, dada sesak dan panas, saya kedokter dan dokter bilang ini asam lambung sedang naik, saya cari penyebab asam lambung dgn googling ternyata salah satunya adalah stress
    Saya jg merasa takut akan kematian yg seperti sdh di depan mata
    Saya merasa tersiksa dan ingin cepat sembuh
    Mohon bantuan dan sharingnya

  158. abdi

    Trimaksh ternyata sy tdk sndri merasakan ini.,

  159. terimakasih atas sarannya dokter! penyakit ini sdh brthn-thn lmnya mungkin dr bngku smp ,umur sy 18thn (2016)kdng klw dgr kbr buruk lngsung drop, apkh pnyakit”Serangan Panik” ini mngrah pd pnykit jntung atau tdk ??? tmn-tmn yg tau bs bntu sa mnjwbnya!!!.Dn trnyata ada bgtu bnyk org yg mnglami hl yg sm dgnq smg kt semua dpulihkn dn dbri ksembuhn oleh alloh.Aamiiin.โ˜บ

  160. Kalo sudah ke dokter dan psikiater coba datangi ustad untuk di ruqyah dulu saya mengalami hal seperti ini namun berangsur-angsur berkurang setelah terapi ruqyah semoga kita aemua selalu dalam lindungan Allah SWT. Allah memberi suatu penyakit untuk menghapus dosa kita apabila kita sabar dan supaya kita selalu dekat dengan -Nya

  161. Kalo sudah ke dokter dan psikiater coba datangi ustad untuk di ruqyah dulu saya mengalami hal seperti ini namun berangsur-angsur berkurang setelah terapi ruqyah semoga kita aemua selalu dalam lindungan Allah SWT. Allah memberi suatu penyakit untuk menghapus dosa kita apabila kita sabar dan supaya kita selalu dekat dengan -Nya

  162. riski

    Ada yang tau dokter psikiater dibogor gak? Saya mengalami penyakit ini slama 6bln,terasa gak nyaman, tolong info nya yah.

  163. Hampir 4 tahun panik dan takut yg saya alami, sakit rasanya setiap hari harus merasakan itu. Mohon yg bisa kasi solusi dan sharing.
    WA 081803979232. Trims bantuannya

  164. abdul

    saya juga masih berjuang sudah 3minggu..
    kemarin sudah agak mendingan, tiba2 dengar kabar end langsung kambuh lagi..

    • Wah semoga bisa sembuh lagi ya days emang kalau anxiety itu dimana2 gak ada obat nya,kecuali diri kita sendiri harus bisa menerima nya dengan lapang dadav,saya udah hampir 10 thn loh mengidap persis sama tapiii sata di bawa hepy terus jika lagi kambuh dan udah terbiasa,jika lagi kambuh walaupun males apa2 cukup diam,tapi kalau aku sich tetep gays beraktivitas biasa malah bawa motor juga suka kambuh,trims yah inpo nya

  165. Yulian

    Udh hampir 1 bulan serangan panik ga sembuh sembuhh.. Jantung bedetak lebih kencang dan membuat rasa panik lebih besar lagii

  166. Cob hub ngi saya dech yg sudah lMa mengidap anxiety yg lama tapi sudah aktivitas biasa lagi,,,WA 089673331961inpo bebagi pengalaman,

Trackbacks

  1. Mengatasi Stress dan Panik | rantaihati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: