Tips memilih Program Studi

Untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, seorang calon mahasiswa terlebih dahulu harus dapat mengukur kemampuannya, menentukan bidang apa yang diminatinya, menentukan jenis program pendidikan yang diinginkannya, dan mencari informasi mengenai perguruan tinggi mana yang menyelanggarakan bidang yang diminatinya tersebut. Termasuk menanyakan pada dirinya, apa yang menjadi cita-citanya? Keahlian apa yang diperlukan bila seorang mahasiswa memilih karir tertentu? Apakah calon mahasiswa yang bersangkutan ingin belajar jauh dari orangntuanya? Berapa dana yang dibutuhkan? Pendeknya, ada beberapa yang yang dapat digunakan sebagai pertimbangan ketika akan memilih suatu perguruan tinggi, antara lain bidang studi, jurusan, biaya, reputasi perguruan tinggi yang bersangkutan, status akreditasi, fasilitas pendidikan yang tersedia, serta kualitas dan kuantitas dosen yang dimilikinya.

Bidang Studi hal pertama yang harus diperhatikan para calon mahasiswa adalah minat yang akan berkaitan dengan bidang studi yang hendak ditekuni oleh calon mahasiswa. Untuk memilih bidang studi ini, jangan segan-segan utnuk mencari informasi termasuk kepada orangtua, teman maupun guru. Lebih baik lagi jika bertanya kepada orang telah terjun langsung ke dunia kerja di bidang yang diminatinya. Intinya adalah pastikan bahwa calon mahasiswa atau orangtua mengerti benar tentang perbedaan antara satu bidang studi dengan bidang studi yang lain, terutama bidang studi yang memiliki kemiripan.

Untuk mendapatkan informasi mengenai bidang studi di perguruan tinggi, calon mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas Internet, melalui website-website dari perguruan tinggi yang dituju.
Salah satu hal yang sangat penting lainnya adalah “pertimbangan biaya kuliah“. Sebaiknya terlebih dahulu bicarakan masalah ini dengan orang yang akan membiayai kuliah, atau telilti keadaan keuangan yang dimiliki bila akan membiayai kuliah sendiri. Sesuaikan jumlah dana yang tersedia dengan biaya kuliah di perguruan tinggi yang akan menjadi pilihannya. Buatlah rencana pembiayaan untuk melihat jumlah dana yang tersedia selama masa studi. Jangan mengandalkan pekerjaan sampingan. Pastikan bahwa dana yang dimiliki cukup untuk membiayai kuliah sampai selesai. Risiko apabila dana tidak mencukup adalah kerugian yang cukup besar, yaitu dana yang telah dikeluarkan sudah banyak, waktu terbuang percuma dan kuliah tidak selesai. ( Sumber : dikti)

Untruk Informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) silahkan Klik disini…!!!! dan beberapa LINK Perguruan Tinggi Negeri yg saya kumpulkan mungkin bisa membantu cari informasi silahkan……

6 Komentar

  1. Terima kasih tipsnya sangat membantu para calon peserta Snmptn 2011, perlu ditambahkan bahwa selain untuk Informasi SNMPTN selain masuk http://www.snmptn.ac.id juga jangan dilupan website pendukungnya http://www.snmptn.or.id Terima kasih!

  2. Keren postnya, ini sangat membantu apalagi sebentar lagi udh dekat tahun ajaran baru. Makasih Gan.
    oh y, link blognya udah saya pasang di web saya sayreview.com, mohon di link balik yah Gan.

    Makasih.

  3. Artikel yang menarik mas.
    kira-kira kalau mau tukeran link bagaimana ya mas.

    kontak:Amirul SEO (amirul@igjepara.com)

  4. Salam Takzim
    Saya kerja di politeknik negeri kang, kok hanya universitas saja yang ditampilkan apa postingan ini bersambung ya
    ditunggu sambungannya
    Salam takzim batavusqu

  5. malam…
    kalau saya memilih universitas yang bagus deh, kan cita-citanya jadi motivator bijak😉
    hehe

  6. wahh saya di PTS jogja kemaren mas…
    lumayan mas cukup memuaskan kok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: