Diantara Dua Cinta

RUMAH LANGKA,DIATAS LAHAN DUA NEGARA

Dapur dan Kamar Mandi di Malaysia ,Ruang Tamu dan kamar tidur di Indonesia ! Ini kisah tentang warga yang tinggal di sebuah kawasan terpencil yang berbatasan dengan Malaysia. Di sana, setidaknya ada dua rumah yang dibangun di atas lahan dua negara.Ketika itu jalan setapak telah dilebarkan dan diaspal. Di desa itulah terdapat satu rumah yang tergolong langka karena dibangun di atas lahan antara Indonesia-Malaysia. Rumah itu milik Ambo Ala dan dikontrakkan kepada Mappa Ngara. Di rumah itu Mappa tinggal bersama Hasidah (istri) dan ketiga anaknya.

“Kami tinggal di rumah ini sejak tujuh tahun lalu,” kata Mappa. Setiap bulan dia membayar Rp 140 ribu atau setara dengan 50 ringgit. “Ketika pertama menetap, rumah itu memang terasa sempit,” lanjutnya. Hanya terdiri atas satu kamar. Lalu, ada tempat masak yang digabung dengan ruang tamu. Tempat mandi harus di luar rumah dan hanya ditutup seng.

Jika diukur, luas rumah itu 6 x 3 meter. Suatu ketika Mappa ingin memperluas rumah tersebut. Alasannya, sudah sangat sempit. Maka, rencana pun disusun. Sayangnya, rencana itu kurang mulus. Sebab, jika Mappa ingin menambah ruang dapur dan kamar mandi, bangunan itu berdiri di lahan yang masuk ke wilayah Malaysia.

“Tak ada perasaan apa pun tinggal di Indonesia dan Malaysia. Rumah ini harus saya kembangkan karena kebutuhan hidup. Kalau tidak, sulit bagi keluarga saya untuk bergerak,” kata Mappa.

Ketika membangun, Mappa tak memerlukan izin dari pemerintah Malaysia. Pria perantauan asal Sulawesi Selatan itu mengatakan langsung saja menancap tiang-tiang untuk bangunan rumah. “Mau izin ke mana” Kan tak mungkin datang ke Tawau. Nanti malah tak diizinkan. Lagi pula, saya tak punya uang untuk pergi ke Tawau. Ketika itu saya hanya seorang petani. Saya adalah yang pertama membangun rumah yang berada di wilayah Indonesia dan Malaysia,” katanya.

Sebenarnya, ketika mengembangkan rumah tersebut pada 2003, Mappa tak menyangka bahwa Sungai Aji Kuning masuk wilayah Malaysia. Baru akhir-akhir ini dia tahu bahwa bagian dapur dan kamar mandi rumahnya masuk wilayah Malaysia.

Sejauh ini tak ada teguran dari pihak Malaysia. “Pokoknya selama tinggal di sini, saya belum pernah kedatangan tamu dari Malaysia yang menanyakan mengapa membangun di wilayah Malaysia,” ungkapnya. (sumber-JPNN)

Lain lagi cerita dalam lagu Slow dangdut legendaris pada tahun sembilan puluhan ini , masih banyak yang menyukai lagu ini karena memiliki kenangan yang sulit dilupakan.

HIDUP DIANTARA DUA CINTA
Cipt : Iwan Sukma
Voc : Tuti Wibowo

Ho..ho..ho..hooo…… Ho..ho..ho..hooo……
Mengapa harus aku alami…
Luka yang ke dua kali
Derita cinta terulang lagi

Ho..ho..ho..hooo…… Ho..ho..ho..hooo……
Duluku ternoda karena Cinta…
Kini berakhir tanpa bahagia
Ternyata kau telah mendua

Ho..ho..ho..hooo…… Ho..ho..ho..hooo……

Mengapa dulu kupercaya sumpahmu
Kalau hanya membuat sakit hatiku..
Biar biarlah kurela berpisah
Dari pada bathinku tersiksa…

33 Komentar

  1. Jadi kalo mau ke kamar mandi pake pasport yah? wkwkwk….

    • malah jauhan ke kantor imigrasinya..hee..hee..

    • Paswordnya Piss untuk Piiss😀

      • Paswordnya.. klik next to continue kang…

  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    kalau mau menyebrang ke negara tetangga lebih gampang, tuh

    • sambil siul2 belum satu lagu dah sampe Luar negeri ya..

  3. pindah ruangan sudah ke luar negeri yah he he.
    Trims infonya Pak. Salam🙂

    • manggil anaknya dari luar negeri tinggal teriak kang..
      anaknya sedang di Malaysia(dapur) dipanggil “sini makan dulu di Indonesia (ruang makan) !!
      hee..hee.. asyik juga yaa..??

  4. Infonya menarik & Pisss tentunya😀

    • hee..heee..
      Salam Kang buat sobat di Indonesia ya..???😆

  5. Piss lagi😀

  6. wah mantap

    • Mantap surantapppp.. hee..hee.🙄

      terima Kasih
      Salam dan sukses.

  7. Kunjungan dan senyum sapa dipagi hari teman, salam sejahtera untukmu disana,

  8. darahbiroe

    wah seru dunt hahahah klo gitu asyik kekna yaw😀

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya lagi heh maksih😀

  9. WAH KALAU pake paswoard bisa bisa piss d celana duluan heee…..

  10. Ambo Ala’ dan Mappa… namanya bugis banget,

    • jangan2 masih ada hubungan keluarga dengan saya nih Kang?

      • membaca Awal postingan..Dapur dan Kamar Mandi di Malaysia ,Ruang Tamu dan kamar tidur di Indonesia !
        Rumahnya luas banget….
        ternyata dibangun diatas perbatasan…

  11. lagunya saya suka Kang… Mirip Awara…

  12. Yang kayak gini nih yang jarang ditemui huehehehe. Di tivi pernah di-expose nggak yah? Kan bagus tuw buat acara BEDAH RUMAH hawakakakaka…

  13. mandor tempe

    kalau mau berlibur ke negara tetangga tinggal melintas di dalam rumah saja ya …

  14. salam keal bang…. kunjungan balik yah

  15. Kunjungan malam & Piss

  16. waduh rame juga lagunya…. baru pertama kali mendengarkan lagu ini….

  17. idisuwardi

    Salam kenal dulu ah…gak kenal kan ga sayang…ciakakaka

  18. lapor lokasi aman bang….. absen aku hadir…..

  19. darahbiroe

    wah setelah cerita ini ternyata salah satu temen kuliahq juga ada yang mengalamin hal ini

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih😀

  20. postingan 5 tahun yang lalu nih kang,, ayo di update lagi..🙂

Trackbacks

  1. Sekedar Blog Walking « CITRO MADURA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: