Oh Baby

Psikologi anak

Ajarkan Anak Anda Jujur

Siapa sih yang tak ingin punya anak jujur? Tanpa kejujuran, anak sulit berteman, sukses dalam karier, bahkan sulit punya pernikahan yang langgeng dan bahagia. Yang terjadi, anak-anak tetap saja berbohong.

Mengajarkan kejujuran tidak semudah membalik telapak tangan. Bagaimana mengajari anak jujur kalau Anda meminta babysitter menemani anak sementara Anda mengendap-endap pergi.  Betapa pun sedihnya, biasakan mengatakan secara jujur kepada anak. Menurut Stacey Schifferdecker, ada 3 hal penting saat mengajari anak tentang pentingnya kejujuran. Penulis lepas yang juga ibu 3 anak ini tahu betul betapa sulitnya mendidik anak, terutama soal kejujuran. Tapi bukan berarti tidak bisa.

1. Pastikan anak memahami, apa itu bohong dan mengapa hal itu berakibat buruk
Bicarakan dengan anak agar ia tahu perbedaan antara bicara jujur atau hanya dongeng, dan tekankan pentingnya untuk jujur. Bagaimana pun, Anda selalu ingin tahu apa saja yang dilakukan anak Anda di sekolah, kan?

2. Ciptakan atmosfer atau lingkungan yang aman dan terjaga di rumah
Ini bisa dilakukan jika rumah “bersih”, dalam arti tak dipengaruhi hal-hal buruk. Intinya, kejujuran selalu diharapkan dari setiap anggota keluarga. Umumnya anak-anak berbohong saat ketakutan. Ajarkan anak memahami, konsekuensi dari setiap tindakannya pun setimpal. Lebih penting lagi, jangan menjebak anak untuk berbohong. Maksudnya jangan memancing anak untuk mengatakan hal yang tidak benar.

3. Saat mengajarkan kejujuran adalah jujur terhadap diri sendiri
Jangan membohongi anak atau membiarkan dia mendengar Anda berbohong. Kalau anak mengajukan pertanyaan yang tak bisa Anda jawab, beri tahu dia alasannya. Lebih baik lagi jika Anda mengajak anak mencari tahu jawabannya bersama-sama. Orangtua bukanlah dewa yang maha tahu. Orangtua juga manusia yang punya kekurangan.

Apa yang harus dilakukan begitu tahu anak Anda berbohong? Respons terbaik dengan tetap menunjukkan kasih sayang. Jangan salah artikan dengan memberikan reaksi penuh kasih saat anak memberikan aksi bohong. Bicarakan alasan mengapa anak berbohong, bagaimana kalau melakukan hal sebaliknya (bicara jujur), dan apa yang harus dilakukan agar bisa memperbaiki diri. Jangan lupa juga memberi penghargaan setiap kali anak bicara jujur. Kalau mendengar anak mengatakan sesuatu yang sulit, berikan pelukan tulus sebagai penghargaan atas keterusterangannya pada Anda. (Sources)

Aku bingung mau cari lagunya , ywa udah ini ajah laah…😆

Oh Baby
oleh: Cinta Laura

Haaaa.. haaaa.. haaaa… owowow baby.. ohh baby…2x

Kau bikin pusing tujuh keliling
Buat aku mabuk kepayang
Gayamu cool dan seksi
Mentok aku kepada kamu
Jadi semakin aku cinta

Kau sihir aku yang sedang kosong
Di saat aku butuh cinta
Mantra-mantra dahsyatmu
Menarik aku yang sendiri
Memang lagi putus cinta

Katakan-katakan kau sungguh-sungguh
Hanya ada ku di didalam hatimu
Katakan-katakan kau cinta aku
Untuk selamanya kau jadi milikku

I don’t wanna lose you
Yes i wanna hold you
I don’t wanna make you
Make you sad and make you cry

Oh baby baby baby (baby baby)
Oh baby baby baby (hu wuoo uoo uoo..)
Oh baby baby baby (my baby)
Oh baby baby baby (baby oh yeeah)

24 Komentar

  1. pertamaaaaaaaaaaaxxxxxxxxxxxxx😆

    • wow… kenapa lagunya Cinta Laura yaaa??!!!!🙄

      • nyambung gak nyambung yang penting joget ama CL:mrgreen:

        • Ikut pertamaxxx… geser dunk kang🙂

          • dilanjut.. tambah mepet..!🙂

  2. hayo kang embun777 jangan suka bohong yaaaaaa… jangan suka bohongin anak wkkkkkkkkkkk

    • aku jujur koq Kang.. duikiit..😆

  3. Salam Gowes
    Selamat pagi kang Embun semoga tetap sukses ya hari ini dan esok
    Salam Gowes Humberqu

    • Trima kasih Bang..
      sukses juga buat abang dan sobat sumuaahnya.
      salam gowess.

  4. baca postingan ini sambil geleng2 pala dengerin lagu cinta laura hehehe

    • hee..hee.. malah ikut senam sekalian YangPut..😆

  5. Bertandang ke Lapak para Sahabat Nara Blog Tercinta, Ruanghati rasanya lama tidak jalan-jalan mengunjungi para Sahabat (Blogger) coz beberapa hari sangat sibuk sekali nih, Semoga para Sahabat selalu dalam keadaan baik dan bahagia selalu dalam rahmat serta kasih sayang Tuhan Yang Maha Kuasa, Amien. 2 hari terakhir ini juga Blog ruanghati keknya ada problem beberapa teman bilang ketika mau masuk ke blog kami ada semacam alert situs berbahaya, minta doanya semoga segera bisa normal kembali,

    Salam hangat

    Ruanghati

    • Terima Kasih RH , kemarin sdh bisa masuk koq..

      salam dan sukses.

  6. tanamkan kejujuran pada anak kita
    untuk bisa menanamkan kejujuran pada ank maka sebagai orang tua harus memberikan tauladan kejujuran

    • sambil lalu memperkenal blog yang belum terindeks oleh google

      • wah ternak blognya nambah lagi yaa..? mantabs Mas..
        semoga cepat dikenal baek paklik gugel ya..😆

  7. setuju Pak Embun, kejujuruan harus ditanamkan sejak dini🙂

    • Idem dgn kang Yayat🙂

    • Makasih Kang Yayat , Kang Dede
      Sukses & Pissss..

  8. alangkah indahnya hidup kalo semua orang bisa berkata jujur tetapi pada kenyataanya kebanyakan org tidak jujur kepada org lain dan juga diri sendiri. Inilah tanggung jawab org tua untuk melatih kejujuran demi kehidupan bermasyarakat yg sehat dan baik.
    salam kenal mas

    • Kejujuran .. , pd awalnya memang pahittt..!!
      tapi akan manissssss.. pd akhirnya.

      Terima Kasih
      Salam kenal kembali Mas.

  9. Di rumah kami, kejujuran itu yang paling utama😀 hehehe. Pokoknya hedop JUJUR!

    • dan itu harus..!!
      walau kdg kejujuran pahit di dada! luarnya..
      tp manis sekali dihati , jd kebahagiaan yg luar biasa..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: