Semuanya Pergi – The Arians

Psikologi :

BAGAIMANA MEMPUNYAI RASA PERCAYA DIRI ?

Ada dua type orang yg sangat berlawanan yaitu Terlalu Percaya diri (Over Confident) dan Rendah diri (Lower Confident). , Orang yang terlalu percaya diri atau Over Confident , kadang terkesan tidak tahu malu , sebab sering tidak bisa menempatkan dirinya dalam norma yang ada dan terkesan bahwa hanya merekalah yang lebih pantas dari yg lain , sebaliknya orang yang terlalu rendah diri atau sering disebut Lower Confident cenderung merasa segan dan malu.. sehingga terkesan tertutup dan pemalu , biasanya orang type ini mempunyai sifat pesimis dan kurang mau bertanggung jawab serta kurang berani mengungkapkan pendapatnya dan tentu saja hal ini akan sangat merugikan dirinya karena menjadi penghalang org tsb untuk lebih maju atau berhasil.

Dengan demikian saya mengambil kesimpulan bahwa kita seharusnya mampu menempatkan diri diantara (Over Confident) dan (Lower Confident) tersebut yang artinya Orang yg terlalu percaya diri sebaiknya lebih bisa melihat ruang dan waktu serta bisa menempatkan diri pada norma yg ada. Dan orang terlalu rendah diri sebaiknya memotivasi diri dengan semangat mengatakan bahwa ” Saya bisa..!!” sehingga akan lahir energi keberanian menjadi lebih baik dari sebelumnya.Dan yang paling penting Salah satu syarat untuk memiliki kepercayaan diri adalah memiliki rasa berharga terhadap diri sendiri.

Dibawah ini saya coba uraikan beberapa “kesalahan-kesalahan” dalam membangun rasa percaya diri dalam Arti “merasa berharga” yang sebenarnya :

1. Rasa berharga yang diperoleh secara fisik
Orang yg merasa berharga karena secara fisik ia cantik, tampan. Selama fisiknya tetap cantik dan tubuhnya tetap sexy, atau selama ia tetap tampan dan fisiknya atletis, macho ! ia masih memiliki kepercayaan diri.
Tetapi,misalnya karena sesuatu hal karena kecelakaan atau perubahan alami pd fisiknya sehingga sudah tidak Cantik atau tampan lagi.. apakah ia masih punya kepercayaan diri? Jadi, tidak bisa membangun kepercayaan diri berdasarkan fisik. Fisik itu sangat labil dan mudah berubah, tidak bisa dijadikan dasar untuk percaya diri.
Oleh karena itu, tidak perlu merasa rendah diri kalau secara fisik kita merasa tidak cantik atau tidak langsing. Bagi pria, tidak tampan, malah bertumbuh pendek, berkulit hitam, dll. Ingatlah, sekalipun, secara fisik anda kurang bahkan cacat, tetapi kepercayaan diri tidak bisa dibangun dari rasa berharga yang diperoleh secara fisik.

2. Rasa berharga yang diperoleh karena kaya secara materi
Seseorang yang merasa dirinya berharga karena memiliki kekayaan. Ia akan kehilangan harga dirinya bersamaan dengan hilangnya kekayaan yang ia miliki. Secara otomatis, ia pun akan kehilangan rasa percaya dirinya , apabila sudah kehilangan hartanya.
Waah… bahaya sekali apabila anda mengantungkan harga diri anda dengan harta kekayaan. Beberapa orang, memilih untuk mengakhiri hidupnya (bunuh diri) setelah tahu bahwa ia sudah tidak kaya lagi atau usahanya sudah bangkrut, dsb. Orang-orang tersebut memilih mati daripada hidup tanpa kekayaaan. Mereka berpikir diri mereka sudah tidak ada artinya atau tidak berharga tanpa kekayaaan yang mereka miliki.

3. Rasa berharga yang diperoleh dari jabatan dan kekuasaan
Tidak berbeda dengan orang-orang yang mendasarkan harga dirinya melalui kekayaan. Ia akan kehilangan harga dirinya setelah tidak lagi menjabat dan orang-orang kurang menghormatinya lagi , Orang yang mengartikan harga diri mereka kepada kekuasaan atau jabatan, akan berhadapan dengan masalah kejiwaan. Beberapa diantara mereka ada yang menjadi gila atau sakit jiwa karena tidak mampu menghadapi kenyataan. Biasanya, mereka selalu dihormati, dihargai, dilayani, kini tidak lagi. Mereka tidak tahan melihat orang dihormati, dihargai, dan dilayani seperti mereka dulu. Hal itu akan membuat air mata mereka mengalir atau mereka menjadi stress sendiri. Karena mereka tidak lagi merasa berharga seperti dulu ketika mereka masih menjabat atau ketika orang tua atau suami/istri mereka masih menjabat. Jadi, jabatan dan kekuasaan yang dimiliki itu hanyalah bagian dari pekerjaan. Ingatlah, harga diri anda tidak ditentukan dari apa pekerjaan anda atau apa kedudukan anda.

4. Rasa berharga yang diperoleh karena memiliki kepandaian atau kemampuan
Orang yang membangun harga dirinya melalui kepandaian, kemampuan atau ketrampilan yang mereka miliki. Keahlian mereka adalah harga diri mereka. Ini juga salah karena kepandaian, kemampuan atau ketrampilan setiap orang itu terbatas. Tidak ada manusia yang selalu benar atau selalu bagus, akan selalu ada saat, ia lalai atau melakukan kesalahan. Ada pepatah yang berbunyi,” sepandai-pandainya tupai melompat, suatu saat akan jatuh juga.” Sepintar apapun dia, seahli apapun dia, atau seterampil apapun dia, tetap memiliki potensi untuk gagal atau berbuat kesalahan. Jadi, bila harga diri dibangun dari kepandaian atau kecerdasan, kemampuan atau ketrampilan, maka anda sedang bergantung pada akar yang rapuh.Karena ketika mereka gagal atau melakukan kesalahan, mereka akan dengan mudah kehilangan harga dirinya juga. (Emb777-disarikan dari berbagai sumber).

Dan bagaimana menurut anda..?? bila semua gak peduli dengan anda ? dalam ruang lingkup pekerjaan anda..misalnya ?! padahal anda sudah berusaha semampu saudara untuk memberikan yg terbaik.. atau karena satu alasan yg anda tidak ketahui tetapi anda dibenci.. atasan saudara ? akan hilangkah kepercayaan diri anda..!? Jangan..!! πŸ™„

dan bagaimana kalau anda merasa SEMUANYA PERGI meninggalkan anda..
mungkin lebih baik sekarang simak lagu yang berikut aja deh… walah….πŸ˜†

yg penting sekarang ngeblog dengan riang ! , dalam Damai,Cinta dan Kasih Sayang dalam kebersamaan.

Semuanya Pergi
Oleh :The Arians

Aku tak bicara
Sepatah pun tak terkata
Hanya pandanganku
Yang mampu ungkapkan segalanya

Semua yang aku cinta
Pergi tanpa ada kata
Hanya kesendirian
Yang kini tersisa dalam hidupku

Semua yang kulalui oh begitu berat
Semua yang kumiliki pergi tak kembali

Reff:
Hanya satu yang kuinginkan
Jiwa dan ragaku bernyanyi
Menari menghibur hati ini
Yang t’lah sendiri

Back to Reff:

Jiwaku tetap bernyanyi
Walau ku sendiri
Jiwaku tetap menari
Walau ku sendiri

22 Komentar

  1. KangBoed

    pertamaaaaaaaaaaaaaxxzzz

    • Keduaxxsss…
      silahkan dilanjuuuut….!!πŸ˜†

  2. KangBoed

    hahaha.. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    Meri tebarkan terus di dunia blogger Indonesia
    Tali silaturahmi dan persahabatan yag terbukti semakin indah terbentuk
    salam sayang selalu
    buat Oom terchayank
    I Love U fuuuuuuuuulllllllll

    • Salam sayang kembali buat Kangboed..
      I Love U fuuuuuuuuulllllllll..

  3. kalo aku minim percaya diri kang embun😦

    • masih lumayan Put..
      klo aku rendah diri banget.. duuh..😦

  4. citromduro

    hadir memenuhi panggilan

    • hee..hee.. terima kasih Mas Citro..
      semoga kegiatan hari ini lancar dan sukses

  5. ok banget tulisannya…..minta ah..

    • dengan senang hati , silahkan Vit..πŸ˜€

      Salam dan Sukses.

  6. menyapa kang embun……….selalu menyejukkan kang.thanks

    • he..hee.. terima kasih Mas..

  7. wah pede itu penting pak terasa sekali. Dan ini harus melalui latihan jika kita punya penyakit kurang pede.
    Terima kasih atas artikelnya yang bermanfaat ini.

    • terima kasih Kang , jd lbh pede nih… hee..heee..

  8. duh, pede itu harus punya ya Mas.
    dan, bisa didapat dgn latihan dan perjuangan.
    semoga saja kita cukup pede dikala nanti menghadapNYA.
    salam.

    • itu yg terutama Bunda..
      semoga kelak kita semakin Percaya Diri
      bila nanti kita di hadapanNYA. Amin.

  9. citromduro

    mangstab mari bersama menjalin silaturahmi untuk mendapatkan rasa percaya diri

    • setuju..! dalam kebersamaan menjalin Silaturahmi.

  10. citromduro

    nongol disini karena nongol di dashboard
    mangstab mas

    • citromduro

      apakah saya dikataka PD dengan gaya tulisan di blog saya

    • memang saya kasih Back Liks nya Mas..
      di tulisan ‘kebersamaan”.

  11. Waduh… aku masih kurang pede nih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: